Basket | Detail

Biodata dan Agama Brandon Jawato, Pebasket Andalan Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Wikku D. Nugroho
Selasa, 24 Mei 2022, 18:30 WIB
Biodata dan Agama Brandon Jawato, Pebasket Andalan Timnas Indonesia di SEA Games 2021
Brandon Jawato sukses meraih medali emas basket di SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@bjawato)

JAKARTA-Biodata dan agama Brandon Jawato menjadi topik hangat perbincangan di kalangan pecinta bola basket tanah air usai Brandon Jawato berhasil meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam bersama timnas basket Indonesia, Minggu (22/5/2022) kemarin.

Timnas Indonesia berhasil menjungkalkan Filipina di laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam dengan skor akhir 85-81. Hasil tersebut membuat timnas basket Indonesia meraih medali emas cabang olahraga bola basket putra untuk kali pertama sejak keikutsertaan mereka di tahun 1977 silam. 

Hasil tersebut tak lepas dari penampilan apik salah satu pemain andalan timnas basket Indonesia yakni Brandon Jawato. Ia mampu memberikan kontribusi besar bagi timnas basket Indonesia meskipun ia baru saja bergabung beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut membuat pecinta bola basket tanah air penasaran dengan sosok, Biodata dan agama Brandon Jawato. Berikut kami tampilkan ulasannya. 

Inilah Biodata dan Agama Brandon Jawato

Bernama lengkap Brandon Van Dorn Jawato, dirinya lahir di California, Amerika Serikat, pada tanggal 3 Juni 1993. Dia merupakan anak dari ayah berkewarganegaraan Indonesia, Nyoman Jawato dan ibu, Belinda Van Dorn, berkewarganegaraan Amerika Serikat. 

Diketahui jika Brandon Jawato menganut agama Hindu. Hal ini terlihat dalam salah satu postingan fotonya di Instagram pribadinya (@bjawato). Momen tersebut diabadikan tatkala dia merayakan hari raya nyepi di Bali pada tahun 2021 lalu.

Karir Bola Basket Brandon Jawato 

Karir bola basket Brandon Jawato dimulai ketika di klub SMA El Segundo, California, Amerika Serikat. Semasa kuliah, dia juga bergabung dengan klub Hawai'i Pacific University. Dia terbiasa bermain di posisi Shooting Guard (SG) dan Small Forward (SF).

Di tahun 2106, usai pendidikan kuliahnya selesai, Brandon Jawato terbang ke tanah air dan bergabung dengan klub-klub IBL antara lain, Pelita Jaya dan CLS Knight Surabaya.

Brandon Jawato resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) pada November 2020 lalu. Dia pun diperbolehkan bergabung dengan timnas bola basket Indonesia. 

Di pertengahan tahun 2021, dia resmi memperkuat klub B1 (Liga tertinggi) liga bola basket di Jepang yakni Utsunomiya Brex. Diketahui jika klubnya saat ini merupakan klub yang mewakili Kota Utsunomiya di Prefektur Tochigi. 

Demikian informasi mengenai biodata dan agama Brandon Jawato. Patut kita tunggu aksi-aksi dan prestasi Brandon Jawato tatkala bermain untuk timnas bola basket Indonesia dan klubnya saat ini Utsunomiya Brex. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1413 seconds [13]