logo
Tim Nasional | Detail

Bima Sakti Sering Nyalakan Murotal di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16

Basudiwa Supraja
Jum'at, 30 September 2022, 19:15 WIB
Bima Sakti Sering Nyalakan Murotal di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti tampak berdoa saat anak asuhnya melakoni babak adu penalti (Foto: Istimewa)

BOGOR- Kapten Timnas Indonesia U-16, Iqbal Gwijangge, mengungkapkan kebiasaan sang pelatih, Bima Sakti, kepada pemainnya jelang setiap pertandingan. Bima disebut sering menyalakan Murotal Alquran di ruang ganti.

Hal itu sebagai salah satu ritual spiritual untuk para pemain agar bisa lebih tenang dan diyakini bisa manambah motivasi. Kebiasaan itu sudah tidak asing dilakukan Bima kepada untuk pemain Timnas Indonesia U-16.

"Kebiasaan kami di ruang ganti sebelum pertandingan, Coach Bima sering menyalakan murotal Alquran agar kami lebih tenang lagi. Selain itu juga dia menyarankan untuk selalu berdzikir dan banyak istighfar sambil mengingat kembali instruksi latihan agar kami tidak bingung," papar Iqbal dalam konferensi pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Jumat (30/9/2022).

Bima pun meluruskan sejatinya dirinya juga memberikan layanan kepada pemain yang beragama non muslim. Dia juga kerap menyalakan video doa-doa dari penganut agama lainnya dengan tujuan yang sama.

"Kebiasaan kami memberikan kesempatan buat mereka. Kami banyak video-video bukan hanya muslim saja. Non muslim juga ada videonya. Kami berikan semua kesempatan untuk berdoa sesuai agama masing-masing kemudian melihat wajah orang tua," ujar Bima kemudian.

Sebagaimana diketahui, saat ini Timnas Indonesia akan mentas di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Mereka tergabung di grup B bersama Guam, Palestina, Uni Emirat Arab (UEA), dan Malaysia.

Adapun ajang tersebut digelar di Stadion Pakansari, Bogor, mulai 1 Oktober mendatang. Namun Garuda muda baru akan bertanding pada 3 Oktober melawan Guam.

Melihat hal tersebut Timnas Indonesia U-16 sejatinya diuntungkan kali ini. Selain mendapat jadwal yang relatif longgar, Skuad Garuda muda juga mengemban status sebagai tuan rumah.

Terlepas dari itu, Tim Merah Putih telah menggelar pemusatan latihan (TC) sejak 5 September lalu di Yogyakarta. Terbaru, Iqbal Gwijangge dan kolega menang 5-0 dalam laga uji coba melawan PPLP Kemenpora pada Rabu (28/9/2022) di Stadion Pakansari.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1913 seconds [13]