Balap Lainnya | Detail

Bikin ATC 2021 di Mandalika Diundur, Ini Dia Fungsi dari Marshal dalam Balapan

Muammar Yahya Herdana
Selasa, 16 November 2021, 08:49 WIB
Bikin ATC 2021 di Mandalika Diundur, Ini Dia Fungsi dari Marshal dalam Balapan
Fungsi marshal dalam sebuah balapan adalah memberi pertolongan pertama bagi pembalap (Foto: Reuters/Borut Zivulovic)

AJANG Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Mandalika resmi ditunda lantaran panitia kekurangan Marshal atau petugas lintasan. Namun demikian, apa sebenarnya fungsi marshal dalam sebuah balapan? Mengapa syarat itu sangat penting untuk dilengkapi?

Marshal yang sering terlihat mengenakan seragam kuning atau oranye diketahui memiliki peran penting untuk memastikan keselamatan para pembalap saat berada di lintasan. Marshal akan bertugas di berbagai titik berbahaya di lintas yang memiliki risiko besar untuk terjadinya kecelakaan.

Mereka menjadi orang pertama yang memberikan bantuan saat pembalap mengamali kecelakaan atau masalah di lintasan. Semua orang bisa menjadi marshal selama memenuhi persyaratan dan sehat secara fisik.

Biasanya marshal juga diwajibkan mengerti aturan serta penggunaan bendera di lintasan. Berdasarkan aturan dalam FIM Standards for Circuit, jumlah personel yang ditugaskan (marshal lintasan, marshal bendera, dan paramedik) dalam setiap pos akan ditentukan selama homologasi sirkuit yang dilakukan oleh inspektur FIM.

Nantinya, akan ada dua tempat yang menentukan dimana marshal bendera dan marshal lintasan akan bertugas. Jumlah tersebut pun akan tertera  dalam laporan homologasi yang telah ditentukan oleh FIM.

Pada balapan, setidaknya harus tersedia marshal sebanyak 80 persen yang harus bertugas. Jika kurang dari jumlah tersebut, maka jalannya balapan akan terganggu dan sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Hal tersebut inilah yang masih belum dapat dipenuhi oleh Sirkuit Mandalika. Pasalnya, menurut peraturan FIM, seharusnya terdapat setidaknya ada delapan orang marshal di setiap pos.

Dorna Sports dan MGPA yang menjadi penyelenggara pun harus mengambil keputusan untuk menunda ATC. Kini, akan ada empat balapan ATC 2021 yang akan digelar pada 19 hingga 21 November mendatang, bersamaan dengan WSBK.

Padahal, sesi kualifikasi sendiri sudah berlangsung pada Sabtu (13/11/2021). Tetapi, dua balapan yang seharusnya diadakan pada hari Minggu ini tak bisa diselenggarakan sesuai rencana.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1139 seconds [12]