logo
Balap Lainnya | Detail

Siapin Biaya Resmi dan Syarat Perpanjangan SIM A Terbaru

Intan Rachmasari
Sabtu, 17 September 2022, 12:40 WIB
Siapin Biaya Resmi dan Syarat Perpanjangan SIM A Terbaru
Syarat dan cara perpanjang SIM online. (Foto: Carmudi).

JAKARTA - Biaya resmi dan syarat perpanjangan SIM A terbaru akan ditemukan informasinya dalam artikel ini. SIM merupakan surat izin mengemudi yang menjadi syarat penting bagi pengendara kendaraan bermotor.

Untuk Indonesia sendiri SIM dibagi menjadi enam golongan berdasarkan spesialisasi kendaraan yang dikendarai. Setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. SIM memang akan habis masa berlakunya setiap 5 tahun. 

Sebagai pengendara mobil dan memiliki SIM A wajib melakukan perpanjangan sebelum habis masa berlaku. Sebab, apabila telat melakukan perpanjangan para pengendara diwajibkan untuk membuat SIM baru. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai biaya resmi dan syarat perpanjangan SIM A terbaru. Berikut ulasannya; 

Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) menjajal motor milik Kepolisian RI di Sirkuit Internasional Mandalika (Foto: Twitter/@markhughesf1)

Biaya Resmi untuk Perpanjangan SIM A Terbaru

Mengacu pada PP No. 60 Tahun 2016, biaya pembuatan SIM A sebesar Rp. 80.000. Terdapat juga biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp. 25.000 dan asuransi Rp. 30.000. Maka keseluruhan biaya untuk mengajukan permohonan buat SIM A adalah sebesar  Rp.135.000.

Sebagai pemilik surat izin mengemudi atau SIM, para pengendara wajib melakukan perpanjang SIM setiap habis masa berlakunya yaitu 5 tahun sekali. Jika telat melakukan perpanjangan SIM akan mati atau tidak berlaku. 

Berdasarkan peraturan yang berlaku, para pengendara yang telat memperpanjang SIM tidak bisa lagi melakukan proses perpanjangan karena SIM sudah mati. SIM mati tidak bisa diperpanjang, sehingga para pengendara harus kembali mengikuti prosedur pembuatan SIM baru. 

Syarat Perpanjangan SIM A

Adapun syarat yang harus dilengkapi untuk perpanjangan SIM A  sebagai berikut: 

  1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku.
  2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli.
  3. Bukti Cek Kesehatan.
  4. Bukti Tes Psikologi.

Tak perlu lagi datang ke kantor Satpas, saat ini pemerintah sudah menyediakan pelayanan Satpas keliling yang bisa dijangkau di daerah daerah tertentu. 

Demikian informasi mengenai biaya resmi dan syarat perpanjangan SIM A terbaru. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1713 seconds [12]