logo
Balap Lainnya | Detail

Biaya Ganti Warna Kendaraan di STNK: Lengkap dengan Syaratnya!

Okta Novanto
Selasa, 03 Januari 2023, 14:18 WIB
Biaya Ganti Warna Kendaraan di STNK: Lengkap dengan Syaratnya!
Warna cat kendaraan harus sesuai dengan dokumen STNK (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Biaya ganti warna kendaraan di STNK menjadi informasi yang banyak dicari oleh publik Tanah Air. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia sebagai bukti kepemilikan dari kendaraan.

Di dalam STNk terdapat info lengkap dari mulai nama pemilik, alamat pemilik, besaran pajak, hingga warna kendaraan. Pada saat pemilik kendaraan mendapatkan tilangan dari polisi, maka warna kendaraan akan dicocokkan dengan keterangan di STNK. 

Jika tidak sesuai maka pemilik akan ditindak dikenakan denda tilang dan wajib mengganti warnanya sesuai STNK.

Berikut informasi mengenai biaya ganti warna kendaraan di STNK yang telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

STNK Kendaraan (Sumber: Instagram)

Biaya Ganti Warna Kendaraan di STNK

Merujuk pada PP No. 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak, biaya ganti warna kendaraan di STNK untuk mobil sebesar Rp200 ribu dan ganti warna di BPKB yakni senilai Rp375 ribu sehingga totalnya Rp575 ribu.

Sedangkan untuk ganti warna kendaraan di STNK untuk motor sebesar Rp125 ribu dan biaya penerbitan BPKB Rp225 ribu sehingga totalnya Rp350 ribu. Untuk biaya yang dikeluarkan ketika perpanjangan setiap 5 tahun dibebani biaya Rp50 ribu.

Jika sudah mengganti warna kendaraan di STNK makan kalian akan aman dari penilangan. Namun bila memaksa untuk ganti warna kendaraan tanpa diikuti penggantian keterangan warna di STNK maka akan dikenai denda sebesar Rp250 ribu saat penilangan.

Hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 Pasal 64 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada aturan tersebut menerangkan bahwa setiap kendaraan wajib registrasi, termasuk registrasi perubahan identitas mobil dan pemiliknya.

Adapun syarat untuk ganti warna kendaraan di STNK antara lain:

  • KTP (asli dan fotokopi), atau bisa juga surat tinggal bagi WNA yang tinggal sementara.
  • STNK (asli dan fotokopi).
  • BPKB (asli dan fotokopi).
  • Surat kuasa bermaterai (kalau prosesnya diwakilkan).
  • Surat keterangan bermaterai dari bengkel yang melakukan perubahan warna kendaraan. Surat ini juga dilengkapi dengan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau NIB (Nomor Induk Berusaha), SIUP, NPWP, dan keterangan domisili. Dokumen ini untuk menunjukkan bahwa bengkel punya izin usaha yang resmi.
  • Surat rekomendasi dari unit pelaksana Regident.
  • Hasil cek fisik kendaraan bermotor.

Demikian informasi mengenai biaya mengganti warna kendaraan di STNK, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2071 seconds [12]