logo
Bola Lainnya | Detail

Besaran Gaji Wasit Piala Dunia 2022 Qatar: Capai Miliaran Rupiah!

Okta Novanto
Rabu, 23 November 2022, 18:35 WIB
Besaran Gaji Wasit Piala Dunia 2022 Qatar: Capai Miliaran Rupiah!
Peran wasit sangat dibutuhkan demi mendapatkan pertandingan yang aman dan adil (Foto: Reuters/Marko Djurica)

JAKARTA - Besaran gaji wasit Piala Dunia 2022 tentu membuat siapapun tercengang. Namun jumlah tersebut lumrah mengingat pertandingan Piala Dunia sangat krusial sebagai ajang sepak bola paling bergengsi.

Piala Dunia 2022 Qatar sudah resmi bergulir sejak pembukaannya di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11). Wasit memiliki peran yang paling utama dalam setiap pertandingan hingga babak final nanti.

Mereka akan jadi pengadil di atas lapangan sekaligus memandu jalannya permainan. Posisi wasit juga terdiri dari 4 macam yaitu Wasit Pertandingan, Asisten Wasit, Wasit Keempat, dan VAR.

Besaran gaji wasit Piala Dunia 2022 Qatar mencapai Rp1,09 miliar dalam satu pertandingan. Gaji tersebut mereka dapatkan dari FIFA yang telah ditetapkan sejak Piala Dunia 2018 Rusia.

Berikut informasi lengkapnya telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Besaran Gaji Wasit Piala Dunia 2022 Qatar

  1. Wasit Pertandingan

Wasit Daniel Siebert menghukum bek AC Milan Fikayo Tomori dengan kartu merah pada laga kontra Chelsea (Foto: Reuters/Alberto Lingria)

Wasit pertandingan merupakan orang yang bertanggung jawab dalam jalannya pertandingan. Tugas dari wasit ini yaitu berada di dalam lapangan. Sehingga wasit pertandingan mendapatkan bayaran sebesar Rp47,1 juta dalam satu pertandingan penyisihan grup.

Sedangkan untuk babak play-off, mereka akan mendapat gaji sebesar Rp157 juta. Seorang wasit yang bertugas dengan baik bisa mendapatkan total Rp4,17 miliar selama ajang tersebut berlangsung.

  1. Asisten Wasit

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, berteriak kepada hakim garis pada laga kontra Man City (Foto: Reuters/Craig Brough)

Asisten wasit atau yang lebih dikenal sebagai hakim garis ini bertugas untuk melihat offside, out, atau pelanggaran yang berada di dekatnya. Asisten wasit mendapatkan gaji sebesar Rp39,25 juta per laga di penyisihan grup dan Rp78,5 juta untuk play off serta final.

Jika hakim garis mampu bekerja dengan baik hingga final maka mereka bisa meraup Rp2,35 miliar.

  1. Wasit Keempat

Pelatih Everton, Frank Lampard, mengeluhkan kinerja wasit Stuart Attwell kepada ofisial keempat di laga kontra Liverpool (Foto: Reuters/Phil Noble)

Wasit keempat yaitu bertugas mengawasi pergantian pemain. Selain itu, mereka juga mengawasi tindak tanduk official maupun pemain cadangan di bangku pemain. Wasit ini menerima bayaran yang sama dengan asisten wasit yaitu Rp39,25 juta untuk penyisihan grup dan Rp78,5 juta dalam laga play off dan Final.

  1. VAR (Video Assistant Referee)

VAR Piala Dunia

Seiring berkembangnya zaman, kini terdapat VAR yang merupakan wasit detail dengan memanfaatkan teknologi. VAR akan disediakan oleh tuan rumah. Mereka akan mendapatkan uang dari FIFA sebesar Rp47,1 juta untuk di setiap pertandingan. 

Total gaji bagi VAR jika mengawal laga penyisihan grup hingga final yaitu sebesar Rp2,74 miliar.

Demikian informasi mengenai besaran gaji wasit Piala Dunia 2022 Qatar, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1965 seconds [13]