logo
Basket | Detail

Macam-Macam Posisi Pemain Basket dan Tugasnya Di Lapangan

Intan Rachmasari
Sabtu, 20 Agustus 2022, 12:15 WIB
Macam-Macam Posisi Pemain Basket dan Tugasnya Di Lapangan
Aturan bermain bola basket terdiri dari jumlah, posisi, dan tugas para pemain (Foto: MPI/Muammar Yahya Herdana)

JAKARTAPermainan bola basket adalah olahraga bola kelompok yang terdiri atas dua tim beranggota masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Jumlah pemain bola basket dalam satu kali pertadingan di satu lapangan adalah 2 tim yang terdiri dari 10 pemain, 5 pemain setiap regunya untuk permainan 5 vs 5. Sedangkan untuk permainan 3 vs 3 yaitu hanya 3 pemain dalam sebuah regunya.

Sementara jumlah pemain pengganti masing-masing 5 cadangan. Jumlah pelatih utama1 orang dan aisten pelatih 2 hingga 3 pelatih. Dengan jenis bola basket ini, hanya 3 orang di setiap sisi yang perlu bermain di lapangan bola basket. Para pemain dalam setiap tim memiliki posisi dan tugasnya masing- masing.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahas informasi bermain bola basket lengkap dengan jumlah, posisi dan tugas pemain. Berikut informasinya;

Timnas Basket Indonesia U-18 (Foto: PERBASI)

Macam-Macam Posisi Pemain Basket dan Tugasnya Di Lapangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa permainan bola basket berjumlah 5 orang pemain. Dalam satu pertandingan akan ada dua tim bola basket yang siap bermain, dalam setiap tim berisi 5 pemain (5 lawan 5). Selain itu juga ada pertandingan basket yang terdiri dari 3 orang pemain dalam setiap tim, sehingga pertandingan ini disebut three on three. Model ini banyak disukai karena lebih praktis. 

Dikutip dari Jr NBA, jumlah dan posisi pemain basket terdiri dari lima diantaranya, yakni point guard, center, power forward, small forward, dan shooting guard. 

  1. Point Guard

Dalam permainan bola basket, pemain yang berposisi sebagai point guard bertugas untuk dijadikan sebagai playmaker atau pemain yang mengatur serangan dalam sebuah tim.

Pemain yang menjadi Point guard wajib memiliki kemampuan bola basket yang mumpuni khususnya dalam hal mengoper dan mengontrol bola.

  1. Center 

Pemain yang berposisi sebagai center memiliki tugas pencetak poin dari jarak dekat. Selain itu ia juga ditugaskan untuk melakukan rebound. Pemain yang berada di posisi center biasanya adalah pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1679 seconds [12]