logo
Ragam Lainnya | Detail

Berlatih Gerakan Roll Dalam Senam Lantai: Ada Tiga Jenis!

Okta Novanto
Jum'at, 13 Januari 2023, 17:51 WIB
Berlatih Gerakan Roll Dalam Senam Lantai: Ada Tiga Jenis!
Salah satu cara guling depan dan guling belakang dalam senam lantai. (Foto: medibank)

JAKARTA - Berlatih gerakan roll dalam senam lantai tentu sangat asyik dipelajari terlebih bagi kalian yang sedang menjalani ujian praktik mata pelajaran Penjas. Senam lantai merupakan latihan berbentuk senam yang dilakukan dengan media matras.

Unsur-unsur gerakannya sendiri meliputi berguling, melompat, meloncat, berputar di udara. Selain itu gerakan tersebut juga akan menyeimbangkan tubuh dengan bantuan tangan dan kaki.

Aktivitas tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yakni meningkatkan kebugaran, memperkuat dan melenturkan otot-otot tubuh, hingga meningkatkan keseimbangan tubuh.

Ketika berlatih gerakan roll dalam senam lantai terdapat tiga jenis yaitu roll atau guling depan, guling belakang, dan guling lenting. Berikut ulasannya telah Sportstars.id sajikan;

Berlatih Gerakan Roll Dalam Senam Lantai

  1. Guling Depan

Bagaimana Cara Melakukan Guling Depan yang Benar? (Ilustrasi: st-nicholas-newromney)

Guling depan atau yang dikenal juga sebagai roll depan merupakan gerakan untuk menggulingkan badan ke depan dengan membulatkan tubuh sedemikian rupa agar leher tidak menjadi tumpuan.

Posisi awal yakni badan jongkok menghadap matras. Posisi kedua tangan ditekuk di samping badan dengan telapak tangan berada di sisi kedua telinga, dan menghadap matras.

Berikutnya tundukan kepala hingga dagu hampir menyentuh dada. Gulingkan tubuh ke depan, saat panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

  1. Guling Belakang

Cara Melakukan Guling Belakang (Foto: Kemendikbud)

Guling belakang yang dikenal sebagai roll belakang bisa dilakukan dengan cara menggelindingkan tubuh ke belakang. Hal yang penting diperhatikan dengan menjaga posisi badan agar tetap bulat.

Kaki dilipat, lutut melekat pada dada, kepala ditundukan hingga dagu melekat dada, kemudian gulingkan ke belakang hingga sikat jongkok.

  1. Guling Lenting

Gerakan Guling Lenting (Foto: Kemendikbud)

Guling lenting merupakan gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh hempasan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Dari sikap setengah guling ke belakang hingga setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

Demikian informasi mengenai berlatih gerakan roll dalam senam lantai, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportrstars.id .

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2030 seconds [12]