logo
Hobi | Detail

Berikut 5 Pilihan Olahraga untuk Mengencangkan Otot

Wikku D. Nugroho
Kamis, 04 Agustus 2022, 00:55 WIB
Berikut 5 Pilihan Olahraga untuk Mengencangkan Otot
Gerakan olahraga dengan barbel dapat menguatkan otot trisep (Foto: Muscle and Fitness).

JAKARTA-Pilihan olahraga untuk mengencangkan otot menarik untuk diulas kali ini. Karena memiliki otot yang kuat merupakan impian mayoritas pria dan wanita. Hal itu diinginkan karena mereka ingin terlihat kuat dan bugar di mata semua orang. 

Salah satu cara untuk mendapatkan itu adalah rutin berlatih latihan otot. Beberapa gerakan latihan otot dapat membentuk tubuh bagian punggung, dada dan kaki. Berikut ini Sportstars.id akan memberikan ulasan pilihan olahraga untuk mengencangkan otot.

Pilihan Olahraga untuk Mengencangkan Otot

  1. Push Up

Ilustrasi 5 manfaat push up bagi kesehatan (Foto: Unsplash)

Pilihan olahraga untuk mengencangkan otot diawali dari gerakan push up. Gerakan satu ini dapat membentuk otot tubuh khususnya di bagian lengan atas. 

Berikut cara melakukan push up:

  • Adapun gerakan ini diawali dari meletakkan kedua telapak tangan di lantai atau matras. 
  • Lalu, luruskan kedua kaki ke belakang. 
  • Lakukan gerakan naik dan turunkan tubuh secara perlahan.
  • Lakukan push up ini dengan 10 hingga 20 kali hitungan. 
  1. Sit Up

Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh.  (Foto: Lemonilo.com)

Selanjutnya adalah gerakan sit up. Gerakan atau latihan otot ini dapat membentuk otot tubuh bagian perut. Sit up dapat dilakukan dengan cara telentangkan tubuh di atas lantai atau matras. 

Berikut cara melakukan sit up:

  • Letakkan jari jemari kedua tangan di belakang kepala. 
  • Lalu lekukkan kedua kaki.
  • Angkat dan turunkan tubuh secara perlahan. 
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali hitungan. 
  1. Pull Up

Pull Up (Sumber: Instagram)

Pull up merupakan salah satu gerakan latihan untuk membentuk otot bahu, punggung, lengan dan dada. Gerakan pull up ini dapat dibantu dengan bantuan pull bar. 

Berikut cara melakukan pull up:

  • Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara genggam tiang pull bar dengan kedua tangan.
  • Lalu, layangkan tubuh di tiang pull bar. 
  • Angkat dan turunkan tubuh secara perlahan. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan pull up ini dalam tiga kali seminggu.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1599 seconds [12]