logo
MotoGP | Detail

Berbahaya! Inilah 4 Sirkuit MotoGP Paling Sulit di Dunia

Tim Sportstars
Jum'at, 19 Mei 2023, 19:03 WIB
Berbahaya! Inilah 4 Sirkuit MotoGP Paling Sulit di Dunia
Sirkuit Internasional Sepang termasuk sirkuit MotoGP paling sulit di dunia (Foto: F1)

JAKARTA - Sirkuit MotoGP paling sulit di dunia perlu diketahui bagi Anda pencinta ajang balap tersebut. Dari banyaknya sirkuit MotoGP, ada beberapa lintasan yang dilabeli paling sulit sekaligus berbahaya.

Sirkuit adalah arena di mana para pembalap biasanya berlaga. Umumnya, jarak tempuh balapan MotoGP sekira 100 kilometer (km) dengan waktu 40-45 menit.

Jika bicara soal MotoGP, nama Valentino Rossi atau Marc Marquez pasti sudah tidak asing lagi didengar. Pembalap terkenal seperti mereka tentu sudah mengenal banyak lintasan sirkuit. Mengapa tidak, sirkuit adalah hal yang menjadi faktor penting dalam menentukan kemenangan.

Biasanya sebelum perhelatan MotoGP dimulai, para pembalap beserta timnya melakukan mapping sebagai cara mengidentifikasi desain layout sirkuit dan mengatur strategi balapan. Tingkat kesulitan sirkuit dapat dilihat dari banyak hal, seperti tikungan, desain, kondisi aspal, dan lainnya.

Oleh sebab itu, setiap sirkuit MotoGP pasti memiliki unsur keselamatan yang dapat mengurangi risiko fatal bagi pembalapnya. Lalu sirkuit MotoGP apa saja yang dianggap paling sulit di dunia? Berikut kami rangkum empat sirkuit MotoGP paling sulit di dunia. 

Sirkuit MotoGP Paling Sulit di Dunia 

1. Sirkuit Internasional Sepang (Malaysia)

Sepang merupakan salah satu sirkuit MotoGP paling sulit di dunia karena tikungannya yang mengerikan. Dengan desain tikungan tersebut, para pembalap merasa tersiksa karena harus mengerem motor mereka dengan keras (hard braking) dan hati-hati.

Sirkuit Sepang adalah sirkuit berstandar internasional yang berdiri pada 1991. Lintasannya memiliki 15 tikungan dengan delapan lintasan lurus selebar 16 meter (m) dan ditambah hingga 20 m di beberapa area. 

Sirkuit Sepang juga menjadi saksi kecelakaan maut yang merenggut nyawa Marco Simoncelli pada Oktober 2011. Dia terjatuh dari motor dan tertabrak oleh Colin Edwards dan Rossi. Dia meninggal dengan luka serius di bagian kepala, leher, dan dada.

2. Sirkuit Bugatti, Le Mans (Prancis)

Sirkuit Bugatti adalah versi pendek dari Le Mans yang legendaris (Foto: MotoGP)
Sirkuit Bugatti di Le Mans termasuk sirkuit MotoGP paling sulit di dunia (Foto: MotoGP)

Dibangun pada 1965, Sirkuit Bugatti di Le Mans masuk ke dalam arena tertua MotoGP.   Sirkuit ini menjadi arena balapan yang memang terkenal memiliki trek yang sulit dan rawan kecelakaan karena memiliki trek lurus yang sangat pendek.

Bahkan pembalap sekelas Valentino Rossi pun mengaku Le Mans sangat berbahaya dan menakutkan. Sirkuit Le Mans memiliki radius kecil dan tajam berjumlah total 14 tikungan (5 ke kiri dan 9 ke kanan). Hal ini membuat pembalap harus mengurangi kecepatan dengan perkiraan timing yang tepat.

Salah satu kecelakaan hebat yang terjadi di sirkuit ini dialami oleh Jack Miller ketika FP4 MotoGP Prancis 2017 usai menghantam pembatas sirkuit. Dia terjatuh dalam kecepatan 180 km/jam, meski untungnya sang pembalap bisa selamat. 

3. Sirkuit Barcelona-Catalunya (Spanyol)

Layout Sirkuit Barcelona-Catalunya di Montmelo, Spanyol (Foto: Formula 1)
Sirkuit Barcelona-Catalunya termasuk yang sulit di MotoGP (Foto: Formula 1)

Memiliki desain yang terbaik di dunia, ternyata Catalunya juga dianggap sebagai sirkuit MotoGP paling sulit di dunia. Sirkuit favorit Valentino Rossi ini memiliki 13 karakteristik tikungan yang buruk, seperti tikungan melengkung datar, permukaan trek yang bergelombang hingga kontur tanah yang berbukit.

Sirkuit Catalunya memiliki panjang 4,7 kilometer, lebar trek 12 meter, trek lurus terpanjang 1047 meter dan total 13 tikungan yang terdiri dari 5 di kiri dan 8 di kanan. Trek ini juga memungkinkan pembalap mencapai kecepatan hingga 340 km/jam.

Insiden kecelakaan hebat juga terjadi di sirkuit Catalunya yang menewaskan Luis Salom pada 2016 pada sesi latihan bebas. Dia tidak mampu mengendalikan motornya saat memasuki tikungan ke-12 sehingga menabrak dinding pembatas.

4. Sirkuit Twin Ring Motegi (Jepang)

Tikungan ke-11 Motegi disebut sebagai tikungan neraka. Memiliki trek lurus dan didominasi trek berbelok, sirkuit ini mewajibkan pembalap melakukan banyak teknik hard braking sehingga membuat lengan menderita.

Panjang Sirkuit Motegi mencapai 4,8km dengan total jumlah 14 tikungan (6 ke kiri, 8 ke kanan). Sirkuit Motegi bukan balapan yang dianggap enteng, akselerasi dalam sirkuit ini membutuhkan banyak power karena tikungan yang tajam.

Alex de Angelis menjadi korban kengerian sirkuit Motegi dimana dirinya mengalami kritis usai kecelakaan saat latihan bebas yang diakibatkan oleh crash dalam kecepatan tinggi diantara tikungan 9 dan 10. Maka, Motegi termasuk sirkuit paling berbahaya. 

Itu tadi informasi mengenai sirkuit MotoGP paling sulit di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembaca Sportstars.id sekalian. 

(Rapida Omas) 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

Follow Berita Sportstars di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Sportstars.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2337 seconds [12]