logo
Basket | Detail

Berapa Ukuran Lapangan Permainan Bola Basket dalam Internasional dan Nasional?

Tim Sportstars
Rabu, 24 Agustus 2022, 17:46 WIB
Berapa Ukuran Lapangan Permainan Bola Basket dalam Internasional dan Nasional?
Ukuran Lapangan Permainan Bola Basket dalam Internasional dan Nasional sudah ditentukan oleh otoritas olahraga basket. (Foto: Sportingnews)

JAKARTA -  Ukuran lapangan bola basket berdasarkan internasional dan nasional, memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut tentu masih dalam batas yang diizinkan oleh peraturan dari otoritas tertinggi bola basket internasional.  

Permainan bola basket menjadi salah olahraga paling populer di dunia dan Indonesia. Permainan bola basket mempunyai peraturan dalam standar perlombaan, mulai dari ketentuan FIBA, NBA serta untuk negara Indonesia yaitu Perbasi.

Dalam ranah internasional standar ukuran lapangan bola basket sudah diatur dalam ketentuan FIBA (Fédération Internationale de Basketball) dan NBA (National Basketball Association). Indonesia memiliki standar ukuran bola basket yang telah diatur dalam PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Berikut Ukuran Lapangan Bola Basket?

Untuk mengetahui lebih lanjut mari simak sampai tuntas

Ukuran Internasional

Dalam ukuran internasional terdiri dari dua peraturan yaitu FIBA dan NBA. Di dalam peraturan FIBA  mengacu pada aturan resmi berdasarkan bola basket dunia. Sedangkan, NBA berdasarkan aturan liga pertandingan bola basket. Aturan keduanya hanya berbeda tipis saja, menurut FIBA ukuran lapangan bola basket sebagai berikut:

ukuran lapangan basket internasional

  • Panjang lapangan : 28 m
  • Lebar lapangan : 15 m
  • Garis lapangan : 5  cm
  • Diameter lingkaran : 3,6 m
  • Tinggi ring : 3,05 m
  • Garis  tree point : 6,6 m dari sisi corner dan 6,75 m dari tengah lapangan.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2457 seconds [12]