logo
Ragam Lainnya | Detail

Berapa Jumlah Lubang yang Ada di Lapangan Golf dan Mengapa Demikian?

Tim Sportstars
Selasa, 20 September 2022, 18:20 WIB
Berapa Jumlah Lubang yang Ada di Lapangan Golf dan Mengapa Demikian?
Lapangan golf di Jakarta Selatan (Sumber: Instagram)

JAKARTA  - Berapa jumlah lubang yang ada di lapangan golf terkadang masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Karena terkadang orang orang jarang memperhatikan adannya jumlah lubang pada lapangan golf. Orang orang masih banyak menganggap golf merupakan olahraga yang berkelas dan mahal. 

Makanya jarang memperhatikan hal kecil tersebut.  Pada umumnya, setiap lapangan golf memiliki 18 lubang. Namun, apakah pernah terpikirkan mengapa berjumlah 18 lubang? Apakah jumlah lubang di setiap lapangan golf diseluruh tempat selalu berjumlah 18? Berikut ini Sportstars.id akan membahas mengenai jumlah lubang yang ada di lapangan golf beserta alasannya.

Mengapa jumlah lubang pada lapangan golf berjumlah 18?

Pada dasarnya, menurut sejarawan olahraga, lubang pada lapangan golf yang berjumlah 18 tersebut  hanyalah sebuah keputusan design yang telah dibuat dari masa ke masa setelah mengalami beberapa perubahan. 

Lapangan golf di Jakarta Selatan (Sumber: Instagram)

Golf merupakan olahraga yang berasal dari negara Skotlandia. Golf ditemukan pada abad ke 14. Di tahun 1764, St Andrews mulai menetapkan standar baru untuk permainan golf, yakni memiliki lubang berjumlah 18 lubang. Di masa itu, golf merupakan olahraga yang dihormati oleh kalangan raja dan bangsawan, termasuk Raja  William IV.

Karena itu, di tahun 1834, terbentuklah klub golf kerajaan dan kuno St Andrews.  Pada mulanya, lapangan golf memiliki 22 lubang. Namun, seiring berjalannya waktu jumlah tersebut dipangkas menjadi 18. Pada pertengahan abad ke-19, di tahun 1858 standar untuk lapangan golf diresmikan menjadi 18 lubang oleh Royal & Ancient Golf Club of St. Andrews.

Sampai saat ini pun model lapangan golf ala St. Andrews banyak ditiru oleh lapangan golf yang lainnya. Hingga akhirnya jumlah 18 lubang pada lapangan golf dijadikan standar lapangan golf sampai saat ini.  

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1626 seconds [13]