Tim Nasional | Detail

Belajar dari Rusia, Bendera Indonesia Bisa Berkibar saat Timnas Indonesia U-23 vs Australia

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 21 Oktober 2021, 17:05 WIB
Belajar dari Rusia, Bendera Indonesia Bisa Berkibar saat Timnas Indonesia U-23 vs Australia
Timnas U-23 Indonesia berlatih di Dushanbe, Tajikistan (Foto: PSSI)

DUSHANBE – Timnas Indonesia U-23 bisa mengibarkan bendera merah putih pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia, 26 dan 29 Oktober 2021. Pengalaman Timnas Rusia di Piala Eropa 2020 bisa dijadikan pelajaran. 

Seperti diketahui, Indonesia disanksi selama setahun oleh WADA. Sebab, Indonesia dinilai tidak patuh pada program doping selama 2020. Sanksi tersebut berlaku setahun dan mengikat untuk kejuaraan-kejuaraan di level internasional. 

Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih pada sejumlah kejuaraan/turnamen olahraga level internasional. Atlet atau tim yang berlaga, harus mengibarkan bendera federasi atau Komite Olimpiade (NOC) seperti halnya Rusia di Olimpiade 2020. 

Sekadar informasi, Rusia saat ini juga disanksi oleh WADA. Bahkan, sanksi yang diterima Rusia jauh lebih berat. Namun, Timnas Rusia tetap bisa berlaga di Piala Eropa 2020, bahkan mengibarkan bendera nasional mereka!

Timnas Rusia mengincar kemenangan di laga kedua (Foto: Reuters/Evghenia Novozhenina)
Timnas Rusia masih diperkenankan mengikuti dan mengibarkan bendera di Piala Eropa 2020 (Foto: Reuters/Evghenia Novozhenina)

Menurut Mirror, Kamis (21/10/2021), Rusia masih bisa berpartisipasi di Piala Eropa 2020 karena ajang tersebut digelar oleh UEFA. Walau menjadi salah satu event internasional, UEFA tidak termasuk dalam definisi Organisasi Acara Besar (Major Events Organisation) dalam kode kepatuhan internasional. 

Alhasil, Piala Eropa 2020 yang digelar UEFA, tidak termasuk dalam definisi ajang olahraga mayor internasional, ketika sanksi pelanggaran doping dijatuhkan terhadap suatu negara. Bahkan, Rusia menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020, tepatnya di Saint Petersburg. 

Bendera nasional tetap terlihat serta lagu nasional tetap berkumandang sebelum Timnas Rusia berlaga di Piala Eropa. Itu berarti, Timnas Indonesia juga masih bisa mengibarkan bendera merah putih pada ajang-ajang olahraga sepak bola di bawah yurisdiksi AFC serta AFF

Kualifikasi Piala Asia U-23 sendiri berada di bawah yurisdiksi AFC. Oleh karena itu, Timnas Indonesia U-23 bisa mengibarkan bendera merah putih ketika menghadapi Timnas Australia U-23 pada dua laga kualifiksai di Dushanbe, Tajikistan, yang berlangsung 26 dan 29 Oktober 2021. 

Hal serupa bisa terjadi pada gelaran Piala AFF 2020 nanti. Timnas Indonesia masih bisa melakukan penghormatan ke Bendera Merah Putih sebelum pertandingan dimulai. Lagu Indonesia Raya pun tetap bisa berkumandang di stadion sebelum berlaga.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6246 seconds [13]