logo
Sportainment | Detail

Belajar dari Kisah Sukses dan Sejarah Mercedes-Benz: Pionir Mobil Dunia

Okta Novanto
Rabu, 31 Agustus 2022, 15:05 WIB
Belajar dari Kisah Sukses dan Sejarah Mercedes-Benz: Pionir Mobil Dunia
Replika mobil pertama di dunia bernama Benz Patent-Motorwagen (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Kisah sukses dan sejarah Mercedes-Benz selalu menjadi perhatian publik karena brand tersebut merupakan pionir mobil di dunia. Eksistensinya terus terjaga dari tahun ke tahun hingga saat ini. Namanya terus merangkak naik walau pelan tapi meyakinkan.

Bahkan Mercedes-Benz disebut sebagai pelopor mobil di Indonesia, mendonasikan sebuah replika mobil pertama di dunia bernama Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia.

Pada Februari 2020 lalui replika tersebut dipajang dalam pameran yang bertajuk “Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia”. Maka dari itu banyak publik yang bertanya mengenai kisah sukses dan sejarah Mercedes-Benz.

Berikut ulasannya yang telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Mercedes W196R 1954 Mobil Formula 1 termahal. (Foto: Istimewa)

Kisah Sukses dan Sejarah Mercedes-Benz

Benz Menjadi Mobil Pertama di Dunia

Tepat pada 29 Januari 1886, Carl Benz mengajukan paten sebagai penciptaan kendaraan bermotor roda tiga untuk pertama kali di Berlin. Sejak saat itu, hari tersebut dicatat secara resmi sebagai hari kelahiran sebuah mobil di dunia.

Pada saat yang sama, Gottlieb Daimler membangun kendaraan bermotor roda empat pertama. Walaupun pada awalnya bekerja masing-masing, para pendiri Daimler AG dan brand Mercedes-Benz meletakan fondasi untuk seluruh kendaraan penumpang saat ini, serta di segmen kendaraan niaga dan bus.

Sebagai mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen telah menjadi simbol kepioniran dari teknologi otomotif. Pada waktunya, kendaraan bermotor roda tiga ini menunjukkan bahwa kendaraan telah mencapai era baru.

Sedangkan kendaraan bermotor Daimler telah menjadi kendaraan bermotor roda empat pertama. Tenaga Benz Patent-Motorwagen terproduksi dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah.

Desain kendaraan ini sudah memiliki beberapa fitur yang masih ditemukan pada sebagian besar mesin pembakaran internal saat ini, termasuk kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik, dan pendingin air.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1578 seconds [13]