logo
Ragam Lainnya | Detail

Begini Ukuran Kolam Renang Standar Internasional: Rincian Lengkap

Okta Novanto
Jum'at, 26 Agustus 2022, 18:50 WIB
Begini Ukuran Kolam Renang Standar Internasional: Rincian Lengkap
Kolam renang standar internasional memiliki ukurannya tersendiri (Foto: Reuters/Stefan Warmuth).

JAKARTA - Ukuran kolam renang standar internasional tentu berbeda dengan standar masing-masing negara ataupun daerah. Adanya ukuran khusus tersebut untuk menyeragamkan kolam renang pada ajang renang internasional.

Sehingga tidak ada komplain dan kerancuan dengan diterapkannya regulasi mengenai kolam renang. Ukuran tersebut juga bisa digunakan untuk berlatih atlet renang di negaranya sebagai persiapan mengikuti gelaran internasional.

Renang merupakan cabang olahraga yang sudah masuk secara pasti dalam Olimpiade, karena itulah fasilitas dari kegiatannya harus menunjang. Ada beberapa elemen yang diperhatikan dalam menggelar turnamen internasional, seperti fasilitas, sumber daya manusia, hingga ukuran kolam renang.

Bagaimanakah ukuran kolam renang standar internasional? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Sebanyak 18 medali ASEAN Para Games 2022 berhasil didapatkan Indonesia dari cabang olahraga para renang. (FOTO: INASPOC)

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional: Rincian Lengkap

Berikut rincian lengkap ukuran kolam renang standar internasional:

  1. Panjang kolam renang: 50 Meter.
  2. Lebar kolam renang: 25 Meter.
  3. Lebar lintasan kolam renang: 2,5 Meter.
  4. Temperatur air dalam kolam renang berkisar 25 derajat sampai 28 derajat celcius.
  5. Kedalaman kolam minimal 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 meter dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start. Adapun, kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1,0 m.
  6. Masing-masing lintasan dipisahkan oleh ruang dengan ukuran 50 cm dengan  tali lintasan.
  7. Tali lintasan harus ada pelampung berukuran kecil pada sepanjang tali.
  8. Harus ada papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang di kedua sisi dinding kolam tebalnya cukup satu sentimeter saja.
  9. Jumlah lintasan kolam renang ada delapan. Dalam pembagiannya, ada warna pembeda, yakni: Lintasan 1: hijau, Lintasan 2: biru, Lintasan 3: biru, Lintasan 4: kuning, Lintasan 5: kuning, Lintasan 6: biru, Lintasan 7: biru, Lintasan 8: hijau.
  10. Terdapat Balok Start di tepi kolam untuk memulai start.
  11.  Tinggi balok start antara 0,5 meter hingga 0,75 meter dari permukaan air. Ukuran balok start adalah 0,5 x 0,5 meter, dan di atasnya dilapisi bahan anti licin. Kemiringan balok start tidak melebihi 10.

Demikian informasi mengenai ukuran kolam renang standar internasional, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2702 seconds [13]