logo
Liga Indonesia | Detail

Begini Syarat untuk Jadi Ketua Umum PSSI Menurut Statuta

Rifqi Herjoko
Jum'at, 11 November 2022, 12:53 WIB
Begini Syarat untuk Jadi Ketua Umum PSSI Menurut Statuta
Logo PSSI (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Tidak sembarang orang bisa mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PSSI. Terdapat sejumlah syarat untuk menjadi Ketua Umum PSSI menurut statuta.

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dipastikan akan digelar 16 Februari 2023. Jadwal tersebut sebulan lebih cepat dari yang semula ditetapkan pada Emergency Meeting Komite Eksekutif (Exco) PSSI akhir Oktober lalu. Sebelumnya, PSSI telah menetapkan KLB pada 18 Maret mendatang.

Namun demikian, FIFA mengirimkan surat balasan terkait hal tersebut. Adapun isinya adalah FIFA menginginkan KLB digelar 16 Februari 2023. Nantinya, KLB akan berisi agenda pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif yang baru.

Namun demikian, tidak sembarangan orang dapat mencalonkan diri untuk dipilih menjadi Ketua Umum PSSI. Terdapat sejumlah persyaratan untuk menjadi Ketum PSSI menurut statuta.

Menurut Statuta PSSI 2019 Bab 5 tentang Komite Eksekutif Pasal 38 ayat 1, Komite Eksekutif terdiri dari 15 anggota. Salah satu di antaranya adalah Ketua Umum. Pasal 38 ayat 4 menjelaskan lebih lanjut syarat seseorang bisa menjabat sebagai Ketum PSSI.

“Anggota Komite Eksekutif harus sudah berusia lebih dari 30 (tiga puluh) tahun. Mereka harus telah aktif di sepak bola dalam koridor PSSI sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dan harus memenuhi syarat yang ditentukan dalam Statuta PSSI ini," bunyi Statuta PSSI tersebut.

Sejumlah persyaratan itu menjadi hambatan bagi orang baru untuk masuk dan menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. Lantas, menarik untuk menanti siapa yang akan mengisi posisi Ketum PSSI periode selanjutnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1839 seconds [13]