Balap Lainnya | Detail

Begini Siasat Panitia Jakarta e-Prix 2022 Atasi Potensi Kemacetan

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 02 Juni 2022, 18:18 WIB
Begini Siasat Panitia Jakarta e-Prix 2022 Atasi Potensi Kemacetan
CEO Formula E, Alberto Longo, bersama Anies Baswedan (Foto; Wikanto Arungbudoyo/Sportstars.id)

JAKARTA - Potensi terjadi kemacetan saat penyelenggaraan Jakarta e-Prix 2022 di kawasan Ancol pada Sabtu (4/6/2022) cukup besar. Oleh karena itu, pihak panitia sudah memiliki siasat tersendiri untuk setidaknya mengurai kemacetan.

Sebagaimana diketahui, Jakarta e-Prix 2022 merupakan kali pertama Indonesia menggelar balapan Formula E. Balapan akan digelar di Sirkuit Internasional Ancol (Jakarta e-Prix Circuit) pada Sabtu (4/6/2022).

Sebanyak 40 ribu lembar tiket telah ludes terjual. Itu berarti, ada potensi puluhan ribu orang datang bersamaan ke Ancol pada Sabtu (4/6/2022). Kemacetan bakal membuat penonton tidak nyaman.

Direktur Jakarta Propertindo (Direktur JakPro), Widi Amanasto mengatakan, pihak panitia sudah menyiapkan langkah-langkah mencegah kemacetan. Salah satu caranya adalah dengan memecah arus penonton.

"Kami akan membagi tiga gate. Gate karnaval itu untuk penonton VVIP. Kami sediakan kantong parkir di Barat. Untuk VIP, grandstand, dan circuit festival, kami sediakan kantong parkir di JIExpo," terang Widi, kepada media di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/6/2022).

"Bus shuttle akan tersedia mulai pukul 06.00 WIB. Mereka akan keliling sampai dengan bende (gong besar). Penumpang jalan kaki ke sirkuit. Tidak ada kendaraan pribadi masuk ke venue," lanjutnya.

Walau begitu, kekhawatiran akan terjadinya kepadatan di kawasan Ancol tetap ada. Oleh karena itu, panitia sengaja menggelar konser musik dengan harapan penonton tidak bubar dalam waktu bersamaan.

"Strategi kita adalah memecah penonton. Kia akan gelar konser musik sampai dengan pukul 20.00-21.00 WIB. Harapannya, penonton pulang setelah satu konser, lalu penonton lain pulang setelah konser lainnya," timpal Wijayanto Samirin selaku advisor untuk pihak Formula E.

Seperti diketahui, gelaran Jakarta e-Prix 2022 tak hanya menggelar balapan. Pihak panitia juga menghadirkan konser musik dengan line-up artis-artis Tanah Air di sejumlah area guna menghibur penonton.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1404 seconds [13]