logo
Ragam Lainnya | Detail

Begini Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Kasti

Johana Joy Artamira
Jum'at, 17 Juni 2022, 22:12 WIB
Begini Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Kasti
Permainan bola kasti ternyata memiliki sejarah panjang yang patut diketahui. (Foto: ayoguruberbagi)

JAKARTA–Kasti adalah permainan bola kecil yang mengutamakan beberapa unsur, seperti kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan. Kasti biasa dimainkan di lapangan terbuka. Namun masih banyak yang belum paham pengertian dan sejarah permainan bola kasti tersebut.

Permainan ini dapat melatih kedisiplinan diri dan ketangkasan pada anak-anak. Solidaritas antara teman juga bisa diperkuat dengan memainkan olahraga ini. 

Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Kasti

Bola kasti adalah suatu olahraga yang termasuk dalam olahraga bola kecil dan pemukul yang terbuat dari kayu. Dalam praktiknya, olahraga ini dimainkan oleh dua regu. Masing – masing regu terdiri dari 12 orang. Peralatan dalam permainan kasti yaitu: kayu pemukul, Bola, Tiang hinggap, dan nomor dada.

Tujuan dari olahraga ini adalah mampu mencetak skor sebanyak mungkin. Dengan begitu, salah satu regu akan berhasil menjadi pemenang karena memperoleh skor terbanyak.

Sejarah Bola Kasti

Permainan bola kasti diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1887. Sejarah permainan kasti Telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor.

Dengan referensi awal berada di 1744 di Pretty Pocket-Book kecil di mana itu disebut “dasar-bola” oleh John Newbery. Akan tetapi, peraturan mengenai permainan bola kasti ada pada tahun 1828 oleh William Clarke.

Peraturan dalam Permainan Kasti

  1. Jumlah pemain masing – masing regu adalah 12 orang. Salah satunya bertugas sebagai kapten. Setiap pemain diharuskan untuk mengenakan nomor dada 1 sampai 12.
  2. Permainan bola kasti terdiri dari dua babak. Setiap babak adalah 20 – 30 menit dengan istirahat 10 menit.
  3. Satu regu bermain sebagai pemukul dan regu lainnya merupakan regu penjaga –pelempar bola.
  4. Seorang pelempar akan melempar bola ke arah pemukul dan harus dipukul jauh. Kemudian, pemukul harus ke pos pertama dan berikutnya sebelum pemain penjaga mengambil bola dan melempar ke arahnya.
  5. Seorang pemukul akan mendapat nilai 2 jika ia bisa lari dari ruang pemukul ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat atas pukulannya sendiri. Apabila perjalanannya kembali ke ruang bebas dilakukan dalam 2/3 bagian dengan selamat dan pukulan benar, maka pelari mendapat nilai satu.
  6. Setiap pemukul mendapatkan satu kali kesempatan untuk memukul.
  7. Pemukul terakhir memperoleh tiga kali kesempatan memukul.
  8. Suatu lemparan dianggap sah jika lemparan tersebut langsung mengenai pemain dari regu pemukul.
  9. Bola yang belum mengenai pemain namun telah lebih dahulu mengenai tanah atau tiang, maka dinyatakan tidak sah.
  10. Setiap bola yang terpukul serta bisa ditangkap oleh pemain lapangan sebelum mengenai tanah, bola tersebut dinyatakan sebagai bola tangkap.
  11. Wasit diwajibkan untuk memiliki peluit yang dapat didengar secara jelas di seluruh lapangan. Peluit dibunyikan dengan satu tiupan panjang dan dua tiupan pendek.

Nah, itulah tadi informasi seputar pengertian dan sejarah bola kasti yang dilengkapi dengan peraturannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1893 seconds [12]