Liga Champions | Detail

Begini Hitung-Hitungan Lolos AC Milan ke 16 Besar Liga Champions 2021-2022

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 25 November 2021, 07:45 WIB
Begini Hitung-Hitungan Lolos AC Milan ke 16 Besar Liga Champions 2021-2022
Atletico Madrid vs AC Milan dalam gelaran Liga Champions 2021-2022 di Stadion Wanda Metropolitano (Foto: Reuters)

MADRID - AC Milan secara mengejutkan berhasil mencuri poin maksimal dalam kunjunganya ke markas Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Champions 2021-2022. AC Milan pun kini membuka kembali peluang untuk lolos ke babak 16 besar mendampingi Liverpool.

Namun untuk mewujudkan itu ada beberapa skenario yang harus mereka lalui. Bermain di Wanda Metroplitano markas Atletico, AC Milan tampil ngotot sejak menit awal. Namun mereka hanya mampu menang 1-0 melalui gol Junior Messias di menit 86.

Itu cukup untuk membawa mereka meraih kemenangan pertama di grup B. Alhasil I Rossoneri hingga kini mampu mengoleksi poin empat dari 1 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kekalahan.

Torehan itu pun kini menyamai poin Atletico Madrid yang tercecer ke posisi buncit klasemen. Dengan ini, Milan yang kini di posisi ketiga masih memiliki peluang menuju 16 besar.

Pasalnya di laga lain, Porto harus menelan kekalahan dari pemuncak klasemen Liverpool dengan skor 0-2. Tim Portugal ini pun berada di peringkat kedua dengan poin 5.

Milan masih bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions, tetapi mereka harus mengalahkan Liverpool di laga terakhir. Di sisi lain, berharap Atletico Madrid bermain imbang dengan FC Porto atau hasil yang sangat spesifik muncul.

Bila itu terjadi, klasemen akhir akan menjadi hasil yang ideal bagi mereka. Perbedaan yang jelas terlihat yakni AC Milan dengan tujuh poin, Porto enam, dan Atletico Madrid lima poin.

Namun misalnya, Porto mengalahkan Atletico, maka tim Portugal itu akan mengumpulkan delapan poin. Kemenangan melawan Liverpool pun hanya mengantarkannya ke tempat ketiga, yang berarti lolos ke Liga Europa.

Bagaimana bila Atletico Madrid mengalahkan Porto? Alhasil tim asuhan Diego Simeone itu akan mengumpulkan tujuh poin sama dengan AC Milan. Lalu keputusan akan dilihat dari pembagian sesuai aturan FIFA.

Pembagi pertama di sini adalah rekor head-to-head, yang benar-benar seimbang, karena mereka masing-masing menang satu dan mencetak dua gol.

Opsi berikutnya adalah selisih gol dan seperti yang terjadi saat ini, Milan memiliki selisih gol sedikit lebih baik yakni -2 dibandingkan dengan Atletico -3. Namun, itu sangat dekat dan masih harus diputuskan oleh dua hasil akhir.

Jika Milan mengalahkan Liverpool 1-0 dan Atletico Madrid menang 2-0 di kandang Porto, itu semua tergantung pada berapa banyak kartu yang dimiliki tim. Tim yang lebih sedikit memperoleh kartu, berhak menempati posisi lebih baik di klasemen.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5212 seconds [12]