Ragam Lainnya | Detail

Begini Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Hafid Fuad
Kamis, 16 Juni 2022, 22:52 WIB
Begini Cara Melakukan Renang Gaya Bebas
Gerakan renang gaya bebas memiliki teori yang harus diketahui sebelum mencobanya. (Foto: Reuters/Carl Recine)

JAKARTA-Saat ini sudah jadi hal yang wajib untuk paham cara melakukan renang gaya bebas. Karena renang gaya bebas sudah biasa jadi pilihan masyarakat bila melakukan olahraga renang.

Renang gaya bebas disebut juga gaya crawl yang artinya merangkak. Disebut gaya merangkak karena gerakannya seperti merangkak. Pada gerakan renang gaya bebas, posisi tubuh harus berada pada posisi datar di atas air.

Sementara posisi bahu agak ke belakang sedangkan tungkai hanya beberapa inci di bawah permukaan. Namun yang terpenting adalah mempertahankan wajah di atas air, dengan mata terus tertancap ke depan bawah kecuali pada waktu bernafas.

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

1. Posisi Badan/Tubuh

  • Posisi tubuh pada gaya bebas hampir sejajar dengan permukaan air.
  • Pada saat berenang posisi tubuh harus dijaga agar tubuh tetap lurus dan terjaga agar sejajar dengan permukaan air.
  • Posisi tubuh yang baik ketika didalam air adalah kepala menghadap ke dalam air sehingga permukaan air tepat pada batas rambut dan dahi.

2. Gerakan Kaki

  • Gerakan kaki atau tungkai pada renang gaya bebas berfungsi untuk menjaga posisi badan agar tetap horizontal. Gerakan tungkai gaya bebas dilakukan naik turun secara bergantian secara menyilang dan mirip gerakan sewaktu berjalan. 
  • Gerakan tungkai harus dimulai dari pangkal paha.Sikap tungkai lurus sampai ke ujung jari tungkai. Gerakan dilakukan dengan rileks, gerakan dari pangkal diperluas dengan tekukan sedikit pada lutut.
  • Tendangan dilakukan dengan punggung tungkai yang kuat dan lurus dengan posisi lutut harus lentur. Pergelangan tungkai harus lemas dan bergerak terus sampai lutut menjadi lurus.
  • Dalam keadaan tungkai lurus, diayunkan kembali ke atas sampai tumit mencapai permukaan air.

3. Gerakan Lengan

Gerakan lengan pada renang gaya bebas berfungsi untuk membuat laju tubuh lebih cepat daripada gerakan tungkai. Namun keduanya memiliki fungsi sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh agar laju tubuh bisa lebih cepat.

4.Pernapasan 

  • Pernapasan pada renang gaya bebas harus menjaga agar tubuh tetap streamline. Miringkan kepala ke arah lengan yang sedang melakukan gerakan tarikan untuk mengambil napas.
  • Pengambilan napas pada renang gaya bebas, tergantung dari kenyamanan dari perenang, perenang dapat melakukan pengambilan nafas ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri. 

5. Koordinasi

Koordinasi adalah kemampuan gerak tubuh pada saat bekerja. Saat melakukan gerakan koordinasi, gerakan kaki harus terus menerus bergerak melakukan gerakan ke atas dan ke bawah dengan irama yang tetap. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1359 seconds [12]