logo
Balap Lainnya | Detail

Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik ETLE dengan Mudah

Intan Rachmasari
Rabu, 21 September 2022, 23:59 WIB
Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik ETLE dengan Mudah
ETLE (Foto: Korlantas.polri.go.id)

JAKARTA - Cara bayar denda tilang ETLE merupakan hal yang mudah dilakukan. Sebab seiringan dengan kemajuan teknologi, proses tilang bagi pengendara yang melanggar peraturan menjadi lebih terpantau. Begitu pula proses pembayaran denda tilang yang juga semakin mudah. 

ETLE adalah Electronic Traffic Law Enforcement yang merupakan teknologi baru yang dikembangkan POLRI untuk mempermudah proses tilang bagi pelanggar lalu lintas. Apabila terbukti melanggar, pengendara diwajibkan untuk membayar denda yang berlaku.

Berikut Sportstars.id akan mengulas cara bayar denda tilang elektronik ETLE dengan mudah;

Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) menjajal motor milik Kepolisian RI di Sirkuit Internasional Mandalika (Foto: Twitter/@markhughesf1)

Cara Bayar Denda Tilang Elektronik ETLE

Para pengendara akan dipantau oleh kamera CCTV yang saat ini biasa dipasang di area lampu merah. Data kendaraan yang terekam melalui CCTV akan dikirimkan kepada pemilik kendaraan. Setelah menerima surat tilang elektronik, pengendara bisa melakukan konfirmasi melalui website https://etle-pmj.info/id . 

Apabila terbukti melakukan pelanggaran, pengendara wajib membayar denda yang dibebankan. Pelanggar akan langsung mendapatkan kode virtual account untuk proses pembayaran. 

Adapun virtual account (VA) yang diberikan merupakan kode dari BRI Virtual Account (BRIVA). Sehingga cara bayar denda tilang elektronik ETLE bisa dilakukan via Teller, Mobile Banking, ATM, Internet Banking, Mesin EDC. Apabila tidak memiliki rekening BRI para pelanggar bisa membayar melalui bank lain. 

Setelah melakukan proses pembayaran, pelanggar akan mendapatkan bukti pembayaran. Nantinya bukti pembayaran tersebut bisa ditukarkan dengan barang bukti. 

Demikian informasi mengenai cara bayar denda tilang ETLE. Semoga informasi ini dapat menamabah wawasan para pembaca setia Sportstars.id
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1668 seconds [13]