Tim Nasional | Detail

Beda Kelas Shin Tae-Yong dengan Park Hang-seo dan Alexandre Polking

Basudiwa Supraja
Jum'at, 20 Mei 2022, 18:56 WIB
Beda Kelas Shin Tae-Yong dengan Park Hang-seo dan Alexandre Polking
Shin Tae-yong dan Alexander Polking (Foto: Instagram)

NAM DINH - Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Thailand di semifinal SEA Games 2021 menambah catatan evaluasi bagi Shin Tae-yong. Hingga saat ini pelatih asal Korea Selatan itu belum berhasil membawa pulang gelar untuk Indonesia sejak dikontrak pada Januari 2020 lalu.

Perbedaan kelas antara Shin Tae-yong dengan Park Hang-seo dan Alexandre Polking pun kian terasa. Jika dihitung, tidak butuh waktu lama bagi Park Hang-seo untuk mengukir prestasi selama menukangi Timnas Vietnam. Begitu halnya dengan Alexandre Polking ketika melatih Timnas Thailand.

Lantas, sejauh mana pencapaian ketiga pelatih tersebut dalam kurun waktu 12 bulan di awal karier mereka melatih tim negara Asia Tenggara? Mengingat ketiganya sama-sama melatih tim senior dan U-23.

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong menjadi dua pelatih yang menjadi sorotan di Piala AFF 2020 (Foto: Istimewa)
Park Hang-seo dan Shin Tae-yong (Foto: Istimewa)

Perlu diketahui, Park Hang-seo telah menjabat sebagai pelatih kepala di Timnas Vietnam sejak Oktober 2017 lalu. Dirinya hanya butuh waktu tiga bulan untuk membuat Golden Star Warriors meraih peringkat runner-up di Piala Asia U-23 yang digelar pada Januari 2018.

Tak hanya itu, pelatih berusia 63 tahun itu juga mampu mencuri perhatian negara Asia lainnya. Kala itu Vietnam berhasil menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu menembus babak semifinal Asian Games 2018 di bulan September.

Tak lama, gelar juara pun berhasil diraih oleh Vietnam di Piala AFF 2018 pada Desember tahun itu. Tren positif selanjutnya terus berlanjut yang salah satunya membuahkan gelar juara di SEA Games 2019.

Kendati demikian, patut dicatat bahwa Park Hang-seo cukup beruntung ketika menangani Timnas Vietnam. Sebab, ia datang di saat yang tepat. Ketika Park Hang-seo tiba, ia mendapat tim alumni U-19 ke U-23 yang memang generasi emasnya Vietnam.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1346 seconds [12]