logo
Bola Lainnya | Detail

Barcelona U-18 Akan Hadapi Indonesia All Star U-18, Begini Sejarah La Masia

Ilham Sigit Pratama
Selasa, 23 November 2021, 14:56 WIB
Barcelona U-18 Akan Hadapi Indonesia All Star U-18, Begini Sejarah La Masia
Barcelona Junior (Foto: Instagram @fcbmasia)

INDONESIA All Star U-18 dijadwalkan untuk bertanding melawan Barcelona U-18 pada ajang International Youth Championship 2021. Kedua tim akan bentrok di stadion I Wayan Dipta, Bali pada 6 Desember 2021 malam WIB.

Sebagaimana diketahui, Barcelona merupakan salah satu pabrik pencetak pemain muda berbakat yang paling terkemuka di Eropa. Banyak pemain papan atas yang mengawali karier sepak bolanya dengan belajar di akademi sepak bola bernama La Masia tersebut.

Dalam prosesnya, La Masia memiliki sejarah yang cukup panjang. La Masia secarah harafiah berarti lahan pertanian. Nama tersebut diambil dari tempat akademi tersebut yang terletak di lahan pertanian kuno. Bangunannya didirikan pada 1702 dengan nama La Masia de Can, jauh sebelum Barcelona terbentuk.

La Masia awalnya digunakan sebagai area perkantoran yang mewadahi berbagai kegiatan klub. Namun pada 1979, La Masia bertransformasi sebagai asrama untuk para pemain muda menginap.

Seiring berjalannya waktu, aktivitas di klub semakin sibuk. Barcelona pun membutuhkan gedung baru untuk menjalankan aktivitas klub dan keperluan akademi.

Pada 2017, area perkantoran yang semula digabung dengan akademi dipindahkan Ciutat Esportiva Joan Gamper. Area tersebut juga merupakan pemusatan latihan di mana tim utama berlatih.

Sepak bola Indonesia harus banyak belajar dari akademi La Masia. Hal paling penting yang menjadikan La Masia menjadi sukses adalah prinsip dan filosofi yang dibangun.

Mereka memiliki filosofi permainan total football yang dipopulerkan legenda klub, Johan Cruyff. Total Football kemudian semakin berkembang dengan tambahan modifikasi berupa permainan umpan-umpan pendek satu sentuhan yang dikenal dengan nama Tiki Taka.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3174 seconds [13]