logo
Bola Lainnya | Detail

Banyak Pemain Keturunan dan Naturalisasi, Timnas Australia Paling Beragam di Piala Dunia 2022

Basudiwa Supraja
Rabu, 23 November 2022, 10:30 WIB
Banyak Pemain Keturunan dan Naturalisasi, Timnas Australia Paling Beragam di Piala Dunia 2022
Pemain Keturunan dan naturalisasi di Timnas Australia (Foto: Reuters)

TIMNAS Australia menjadi tim yang memiliki pemain paling beragam di Piala Dunia 2022. Melansir dari SBS, ada sejumlah pemain keturunan dan naturalisasi yang tergabung dalam tim Socceroos -julukan Australia.

Beberapa pemain di antaranya lahir di luar negeri dan sebagian lainnya di Australia tetapi memiliki keturunan negara lain. Salah satu contohnya adalah Ajdin Hrustic yang merupakan pemain berdarah Rumania dan Bosnia.

Ajdin Hrustic telah debut di Timnas Australia sejak 2017 lalu. Dia pun kini masuk dalam skuad yang dipanggil untuk Piala Dunia 2022. Selain itu ada juga kisah Awer Mabil yang berlatih sepak bola sejak di lokasi pengungsian Kenya. 

Orang tua Mabil dikabarkan melarikan diri dari perang saudara di Sudan Selatan. Mabil bahkan tidak bisa berbahasa Inggris sejak tiba di Australia. Salah satu caranya untuk menjalin komunikasi dengan warga setempat adalah bermain bola.

"Sepak bola seperti penyelamat bagi saya dan itu adalah cara saya berkomunikasi," ujarnya, dikutip dari SBS, Rabu (23/11/2022).

Tidak hanya Mabil sebagai pemain dari Sudan Selatan yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Ada juga reman kecilnya, Thomas Deng, yang saat ini juga direkrut dalam Skuad Socceroos.

Deng menetap di Adelaide sejak usia enam tahun. Statusnya di Australia saat itu adalah sebagai pengungsi sebelum akhirnya menjadi bagian dari negara tersebut.

Adapun sejumlah nama pemain keturunan Australia lainnya adalah Milos Degenek, Fran Karacic, Harry Souttar, Keanu Baccus, Martin Boyle, Jason Cummings, dan Garang Kuol. Sebagai tambahan informasi, Australia tumbang 1-4 dari Prancis di matchday 1 Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022).

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1727 seconds [12]