F1 | Detail

Banyak Insiden Kontroversial di GP Arab Saudi 2021, Verstappen: Ini Bukan Balapan F1!

Andhika Khoirul Huda
Senin, 06 Desember 2021, 07:30 WIB
Banyak Insiden Kontroversial di GP Arab Saudi 2021, Verstappen: Ini Bukan Balapan F1!
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berbicara kepada media jelang balapan F1 GP Meksiko 2021 (Foto: Reuters/Edgard Garrido)

JEDDAH – Pembalap Tim F1 Red Bull Max Verstappen, mengatakan bahwa GP Arab Saudi 2021 bukanlah sebuah balapan Formula 1. Pasalnya, dia merasa banyak dirugikan pada balapan pertama kali dalam sejarah di Sirkuit Jeddah Corniche itu yang digelar pada Senin (6/12/2021) dini hari WIB.

Verstappen memimpin sangat lama sejak pertengahan hingga menjelang akhir balapan dimana dia berakhir di posisi kedua. Namun, ada dua insiden kontroversial yang cukup merugikan dirinya.

Dimulai dari yang pertama, ketika Lewis Hamilton mencoba untuk menyalipnya sehingga membuatnya keluar trek dan terpaksa memotong jalur di tikungan 1. Alhasil, dia pun mendapatkan penalti lima detik.

Kemudian, pada lap 36 kejadian yang hampir sama terulang kembali. Bahkan, kali ini Verstappen ditabrak sedikit dari belakang oleh rivalnya yang mengendarai Mercedes itu. Beruntung, hal tersebut tidak menyebabkan kecelakaan.

Meski harus puas finis di posisi dua, pembalap asal Belanda itu mendapatkan gelar Driver of The Day yang dipilih oleh para fans. Namun, dia tetap mengritik balapan tersebut dan bahkan menyebutnya tidak seperti balapan F1.

"Untungnya, para penggemar memiliki pikiran yang jernih tentang balapan karena apa yang terjadi hari ini tidak dapat dipercaya," kata Verstappen dilansir dari Racingnews365, Senin (6/12/2021).

“Saya hanya mencoba yang terbaik untuk balapan dan ini lebih banyak tentang penalti daripada balapan itu sendiri. Jadi, bagi saya, ini bukan Formula 1. Tetapi setidaknya para penggemar menikmatinya dan saya memberikan semuanya hari ini tetapi jelas tidak cukup cepat,” ia menambahkan.

Dengan hasil tersebut, peraih gelar juara F1 2021 baru akan ditentukan pada balapan terakhir di GP Abu Dhabi 2021 pekan depan. Pasalnya, Verstappen kini memiliki poin yang sama dengan Hamilton yang berhasil keluar sebagai pemenang di Jeddah.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1166 seconds [13]