Liga Indonesia | Detail

Bakal Jadi Markas Persib Bandung, Anggota DPR Setuju Stadion GBLA Dikelola Swasta

Agung Bakti Sarasa
Rabu, 11 Mei 2022, 18:33 WIB
Bakal Jadi Markas Persib Bandung, Anggota DPR Setuju Stadion GBLA Dikelola Swasta
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) akan dikelola swasta sehingga bisa menjadi home base Persib Bandung (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) direncanakan menjadi markas atau home base dari Persib Bandung. Anggota DPR RI, Muhammad Farhan, setuju pengelolaan GBLA diserahkan kepada pihak swasta. 

Diketahui, stadion yang berlokasi di kawasan Gedebage, Kota Bandung, itu bakal dikelola pihak swasta dengan masa kerja sama selama 30 tahun. Selain menjadi home base Persib, GBLA diproyeksikan menjadi kawasan sport tourism center. 

Menurut Farhan, penyerahan pengelolaan GBLA kepada pihak swasta adalah jalan terbaik. Cara itu dinilai lebih baik ketikmbang membiarkan stadion tak terurus dan menjadi aset mangkrak. Namun, langkah tersebut juga jangan sampai blunder apalagi menjadi lahan korupsi. 

"Pengelolaan GBLA oleh swasta jadi solusi terbaik bagi semua pihak. Kita harapkan, Pemkot Bandung akan mendapat jaminan PAD, masyarakat diberdayakan, dan Persib memiliki kepastian home base," jelas Farhan, Rabu (11/5/2022). 

Lebih lanjut, Farhan meminta kejelasan regulasi bagi mitra pengelola Stadion GBLA harus tegas. Proses lelang kerja sama pengelolaan (KSP) Stadion GBLA dengan pihak ketiga sebagian besar telah ditempuh. 

"Hal terpenting adalah dasar hukum yang kuat untuk pengelolaan BMD (barang milik daerah) Pemkot Bandung oleh swasta. Artinya, kita pastikan semua pihak memiliki kepatuhan pada dasar hukum dan prosedur yang benar," tutur Farhan. 

Farhan juga mengingatkan pengelolaan Stadion GBLA secara profesional mutlak diperlukan. Hal terutama adanya kejelasan bagi Persib Bandung terkait hak penggunaan Stadion GBLA. 

"Tentu saja (mutlak) dan menurut saya yang paling cocok tentu saja PT Persib Bandung Bermartabat. Saat ini, Persib bisa menggunakan stadion dengan membayar sewa setiap kali menggunakan GBLA," tandasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, optimistis Stadion GBLA yang lama terbengkalai bisa digunakan secepatnya. Hal itu mengacu pada proses lelang KSP Stadion GBLA dengan pihak ketiga yang kini sebagian besar telah ditempuh. 

"Saat ini banyak proses (lelang) yang domainnya ada di kita," ujar Yana.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1608 seconds [13]