logo
Ragam Lainnya | Detail

Bagaimanakah Sejarah Lompat Tinggi dan Manfaatnya?

Tim Sportstars
Jum'at, 28 Oktober 2022, 23:00 WIB
Bagaimanakah Sejarah Lompat Tinggi dan Manfaatnya?
Lompat Tinggi Sejarah, Teknik Dasar Gaya Lompat dan Peraturan

JAKARTA - Tahukah kalian mengenai sejarah lompat tinggi dan manfaatnya? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang lompat tinggi, terutama sejarah serta manfaat dari olahraga tersebut.

Lompat tinggi merupakan olahraga cabang atletik. Olahraga ini mengharuskan para atlet untuk melakukan loncatan dengan jarak ketinggian yang sudah ditentukan berdasarkan peraturan yang ada.

Menurut Muhajir (2006), Lompat tinggi adalah bentuk gerakan melompat ke atas, yang dilakukan dengan cara mengangkat kaki kedepan dalam upaya membawa titik berat badan setinggi dan secepat mungkin jatuh/mendarat, yang mana diperlukan suatu tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai ketinggian tertentu.

Tempat yang digunakan untuk olahraga lompat tinggi termasuk landasan pacu setengah lingkaran yang memungkinkan pendekatan lari paling sedikit 15 meter. 

Berdasarkan beberapa sumber, (Kamis, 27/10/2022) tim Sportstars.id sudah merangkum sejarah lompat tinggi dan manfaatnya yang dapat kita pelajari bersama-sama.

Sejarah Lompat Tinggi

Olahraga lompat tinggi pertama kali diolimpiadekan di Skotlandia pada abad ke-19. Pada masa itu, rekor tertinggi pertandingan lompat tinggi dipecahkan oleh salah seorang atlet setinggi 1,68 meter. Pelompat tersebut menggunakan pendekatan langsung yang rumit, yang biasa dikenal dengan nama gaya gunting

Pada pergantian abad ke-20, gaya lompat tinggi di modernisasi oleh Michael Sweeney yang berasal dari Irlandia – Amerika. Sekitar tahun 1985, Michael berhasil melakukan lompat tinggi dengan ketinggian 1,97 meter. Pada saat itu Michael menggunakan gaya eastern cut-off.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1800 seconds [12]