logo
Hobi | Detail

Bagaimana Teknik Awalan Lempar Cakram

Hafid Fuad
Kamis, 16 Juni 2022, 23:35 WIB
Bagaimana Teknik Awalan Lempar Cakram
Olahraga lempar cakram membutuhkan teknik awalan lempar yang bagus. (Foto: REUTERS)

JAKARTA-Teknik awalan lempar cakram sangat penting untuk mulai melakukan olahraga satu ini. Karena teknik awalan sangat penting dilakukan dengan seksama agar otot-otot lemas, mengurangi grogi, sehingga lemparan tepat sasaran.

Teknik Awalan Lempar Cakram

Pengertian Lempar Cakram

Dilansir dari berbagai sumber, lempar cakram atau discus throw adalah salah satu cabang olahraga atletik kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih yang dilemparkan. 

Gaya dalam melakukan lempar cakram adalah gaya samping dan gaya belakang. Lempar Cakram adalah olahraga yang dilakukan dengan cara melempar seperti lempar lembing, peluru, martil, dan cakram. 

Cakram merupakan benda yang berbentuk piring yang memiliki bingkai yang terbuat dari sabuk besi. Olahraga ini mempergunakan tubuh yang sangat kompleks dengan menerapkan beberapa prinsip gaya sentrifugal yang di kembangkan sejak fase persiapan, yaitu ayunan mendarat, loncat putar ke arah posisis dan lemparan. 

Gerak teknik lempar cakram harus dilakukan secara berurutan dengan membutuhkan kemampuan teknik yang baik berdasarkan beberapa fase dalam mempelajari gerak teknik lempar cakram yaitu fase ayunan, fase memutar yang membutuhkan percepatan pada saat melakukan putaran, fase percepatan, fase power position, fase pelepasan cakram dan tahapan akhir follow through.

Langkah Teknik Awalan Lempar Cakram 

  1. Posisi badan berdiri menyamping ke arah lemparan.
  2. Posisi kedua kaki sedikit direnggangkan, ditekuk, selebar atau sejajar dengan kedua pundak dan kaki dalam keadaan rileks.
  3. Berat badan berada pada kaki kanan,  miring atau condong ke sisi kanan.
  4. Cakram coba digerakkan menggunakan tangan yang terkuat,  diayunkan dari belakang ke depan dan dilakukan berulang sampai 3 kali.
  5. Saat mengayunkan cakram, usahakan posisi tumit kaki bagian belakang sedikit terangkat.
  6. Fokuskan pandangan ke arah lemparan.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1598 seconds [13]