logo
Hobi | Detail

Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Nilai Dalam Permainan Rounders

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 19:11 WIB
Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Nilai Dalam Permainan Rounders
Belum banyak yang tahu bagaimana cara untuk mendapatkan nilai dalam permainan rounders. (Foto: ie-today)

JAKARTA- Sering dibicarakan tapi belum banyak yang tahu bagaimana cara untuk mendapatkan nilai dalam permainan rounders. Rounders salah satu bentuk permainan bola kecil. Rounders dimainkan dengan cara beregu, dengan 12 pemain inti dan 6 pemain cadangan. 

Satu regu sebagai pemukul dan satu regu sebagai penjaga. Gerakan dalam permainan rounders mirip dengan baseball, softball dan kasti. Teknik yang perlu dikuasai seperti memukul, melempar, dan menangkap bola. Permainan rounders membutuhkan alat khusus yaitu tongkat sebagai pemukul bola.  

Berikut Cara Untuk Mendapatkan Nilai Dalam Permainan Rounders;

Dalam setiap permainan rounders dibagi menjadi tiga babak/inning. Di dalam satu babak terdapat peraturan yaitu satu kali memukul dan satu kali menjaga.  Rounders dibagi menjadi lima base/tempat hinggap. Base kelima biasa disebut dengan home base/ rumah. Tim yang banyak mendapatkan nilai itulah pemenang dari rounders.

  • Nilai 0

Pemain dari regu pemukul sudah melakukan pukulan yang benar, tetapi tidak berhasil mencapai salah satu base.

  • Nilai 1

Pemain dari regu pemukul sudah melakukan pukulan yang benar, tetapi disalah satu base pemain tidak berhenti dan menunggu pemukul lain melakukan pukulan sah untuk melakukan ke base lima. Lalu jika bola masuk ke area belakang, pemukul harus berada di base satu.

Aksi memukul bola merupakan teknik dasar permainan rounders . (Foto: @ProvostWilliams)

  • Nilai ½

Pemain dari regu pemukul sudah mencapai base keempat tanpa memukul bola.

  • Nilai 2

Pemain dari regu pemukul sudah melakukan pukulan yang benar, kemudian lari menuju base satu hingga base lima dengan selamat, tanpa adanya pukulan dari penjaga bola.

Pinalti ½ putaran

Pemukul tidak mengeluarkan dua bola berturut-turut, maka pinalti ½ putaran diberikan untuk tim pemukul.

Itulah informasi bagaimana cara untuk mendapatkan nilai dalam permainan rounders, yang telah Sportstar rangkum semoga bermanfaat bagi pembaca. (Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1656 seconds [13]