logo
Hobi | Detail

Bagaimana Cara Melakukan Guling Depan yang Benar? Ini Langkah-langkahnya

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 17:48 WIB
Bagaimana Cara Melakukan Guling Depan yang Benar? Ini Langkah-langkahnya
Bagaimana Cara Melakukan Guling Depan yang Benar? (Ilustrasi: st-nicholas-newromney)

JAKARTA - Dalam menjalani sesi latihan senam lantai, harus mengetahui bagaimana cara melakukan guling depan yang benar. Menurut Kemdikbud, Selasa (20/9/2022), guling depan merupakan gerak aktivitas tubuh dengan cara membulatkan badan sedemikian rupa sehingga berguling ke arah sisi depan.

Guling depan memiliki nama lain yakni forward roll. Sejatinya guling depan adalah menggulingkan seluruh anggota tubuh ke depan. Gerakan ini melibatkan seluruh anggota tubuh dari tangan, kaki, punggung, dan kepala. Gerakan guling depan ini terbagi dua, bisa diawali dari jongkok dan berdiri. 

Salah satu alat pendukung yang digunakan pada saat melakukan senam lantai adalah matras. Matras atau alas permukaan menjadi benda wajib yang harus dibawa saat melakukan persiapan senam lantai, terutama guling depan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id telah merangkumnya dalam cara melakukan guling depan yang benar.

Peragaan urutan melakukan guling belakang. (Foto: Tangkapan layar  akun akram ahsan)

Cara Melakukan Guling Depan yang Benar

  1. Pertama-tama, posisi badan berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Arahkan pandangan lurus ke depan melihat matras.
  2. Letakkan tangan di bawah dengan menunjuk ke arah depan.
  3. Tekuk lutut dan angkat pinggul, lalu taruh beban di tangan. Kemudian, tengok ke belakang melalui celah di antara kedua kaki.
  4. Setelah itu, gulung tubuh dengan keadaan punggung harus menyentuh matras terlebih dahulu.
  5. Pada saat tubuh tergulung, tahan posisi dagu di dada, lalu angkat beban di tengah dan gulingkan ke depan. Jaga lutut agar tetap tertekuk.
  6. Saat berguling ke depan, rentangkan tangan ke atas lalu berdiri.

Manfaat Guling Depan

Adapun manfaat guling depan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, antara lain dapat membakar kalori, menguatkan tulang, dan juga melenturkan tubuh.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara melakukan guling depan yang benar dan juga manfaatnya bagi tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. (Antika Fahira)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1688 seconds [13]