logo
Liga Indonesia | Detail

Azrul Ananda Mundur, RUPS Bakal Tentukan Pemilik Persebaya Surabaya

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 21 September 2022, 05:46 WIB
Azrul Ananda Mundur, RUPS Bakal Tentukan Pemilik Persebaya Surabaya
Azrul Ananda sudah menyatakan mundur sebagai presiden klub (Foto: Persebaya Surabaya)

SURABAYA – Azrul Ananda sudah menyatakan akan mundur sebagai Presiden Persebaya Surabaya pada akhir kompetisi Liga 1 2022-2023. Muncul pertanyaan kemudian, siapa atau pihak mana yang akan menjadi pemilik Bajul Ijo selanjutnya. 

Sekadar informasi, Azrul resmi menjadi CEO Persebaya Surabaya pada Juli 2017. Hal itu terjadi setelah perusahaan miliknya, yakni PT DBLI (Deteksi Basket Lintas Indonesia) menguasai saham mayoritas Persebaya sebesar 70%.

Awalnya, saham mayoritas itu tercatat atas nama PT Jawa Pos Sportainment. Perusahaan tersebut memegang saham mayoritas PT Persebaya Indonesia, yang diakui oleh PSSI sebagai anggota sah mulai 2017.

Akan tetapi, Persebaya berpisah dengan Jawa Pos pada awal 2018. Azrul pun mengundurkan diri sebagai Direktur Utama Jawa Pos. Saham mayoritas sebesar 70% milik PT Jawa Pos Sportainment, beralih ke PT DBLI, dan sisanya masih dimiliki klub internal Persebaya.

PT DBLI yang dibentuk pada 2008, tercatat dimiliki oleh Azrul Ananda. Putra dari Dahlan Iskan itu masih tercatat sebagai Direktur Utama PT DBLI hingga 2021.

Mundurnya Azrul Ananda bukan berarti saham mayoritas Persebaya Surabaya akan otomatis berpindah tangan lagi. Semua tentu tergantung pada RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang baru akan digelar pada 2023. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1592 seconds [12]