Ragam Lainnya | Detail

Avvir Tham, Atlet 17 Tahun Peraih Medali Pertama Singapura di SEA Games 2021

Maulana Yusuf
Selasa, 10 Mei 2022, 23:00 WIB
Avvir Tham, Atlet 17 Tahun Peraih Medali Pertama Singapura di SEA Games 2021
Avvir Tham persembahkan medali pertama untuk Singapura di SEA Games 2021 (Foto: Channel News Asia)

HANOI – Singapura meraih medali pertamanya di ajang SEA Games 2021. Menariknya, atlet peraih medali pertama bagi The Lions –julukan Singapura- adalah seorang remaja berusia 17 tahun.

Atlet yang berhasil meraih medali perak di cabang olahraga (cabor) Loncat Indah itu bernama Avvir Tham. Bermain di Gelanggang Olahraga Akuatik Hanoi, Vietnam, Senin (9/5/2022), Tham  meraih perak di final loncat indah 1m putra dengan skor 286,40.

Atlet debutan Asian Games itu dengan berani melakukan aksinya untuk memenangkan medali pertama Singapura di SEA Games ke-31. Namun, medali emas dimenangkan oleh atlet juara bertahan Malaysia, Ooi Tze Liang dengan skor 377,70.

Meski sebagai debutan, Tham mengatakan bahwa sebelum berlaga dia berharap untuk mendapatkan medali. Alhasil, dia pun dapat mewujudkan impiannya itu.

Di sisi lain, Tham menceritakan bahwa saat menyelam dan meloncat terkadang mengalami kegagalan.  Meski begitu, dia menyebut dalam menyelam tidak hanya soal rip, namun juga keindahan yang bisa dipandang mata.

“Kadang-kadang hal-hal tidak berjalan dengan benar ketika Anda menyelam dan itu hanya kegagalan. Dalam menyelam, bukan hanya rip (entri) atau penyelaman yang dieksekusi dengan baik. Orang-orang suka melihat sisi lain dari segala sesuatu,’ papar Tham, dilansir dari Channel News Asia, Selasa (10/5/2022).

Sementara itu, setelah meraih prestasinya itu, Tham yang ceria mengatakan banyak pengikut media sosialnya telah mengiriminya pesan penyemangat yang mendorongnya selama kompetisi.

“Saya membaca pesan-pesan yang dikirim orang kepada saya. Itu benar-benar memberi saya keberanian (dan membuat saya melihat itu) ada begitu banyak orang yang mendukung saya dan ini memungkinkan saya untuk melakukan yang terbaik,” tambah Tham.

Terlepas dari hal itu, Tham bertekad untuk berlaga di Olimpiade 2024. Dia menantikan kompetisi bergengsi di dunia itu.

"Saya pasti menantikan Olimpiade 2024. Sekarang, banyak kompetisi yang mundur, seperti Asian Games (yang seharusnya) tahun ini, dan World Uni Games. Saya hanya akan mencoba untuk meningkatkan kesulitan menyelam saya dan terus maju, dan untuk memenangkan tempat pertama di SEA Games berikutnya,” tutupnya.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1437 seconds [13]