Tim Nasional | Detail

Aturan Play-off Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Tim Besar Bisa Saling Bunuh

Hendry Kurniawan
Selasa, 16 November 2021, 19:11 WIB
Aturan Play-off Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Tim Besar Bisa Saling Bunuh
Timnas Italia gagal lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 (Reuters)

BABAK kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa tak lama lagi akan berakhir. Hasilnya, sebanyak sembilan negara sudah memastikan diri lolos langsung ke putaran final sejauh ini. Sementara itu, sebanyak 10 negara telah memastikan diri tampil di babak play-off.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa sejatinya diikuti oleh 55 negara yang dibagi ke dalam 10 grup. Eropa sendiri menjadi benua dengan kuota terbanyak untuk menyumbang wakil ke Piala Dunia, yakni 13.

Sebanyak 10 negara berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 jika mampu menjadi juara grup. Sejauh ini sudah ada Serbia (Grup A), Spanyol (B), Swiss (C), Prancis (D), Belgia (E), Denmark (F), Kroasia (H), Inggris (I), dan Jerman (J) yang dinyatakan lolos langsung ke putaran final.

Sementara itu, tiga negara lainnya diambil dari babak play-off. Adapun babak play-off ini sendiri akan diikuti oleh 12 negara. Runner-up dari masing-masing grup tersebut akan mengikuti babak play-off. Sedangkan dua negara lainnya diambil dari jalur UEFA Nations League 2021 yang punya peringkat tertinggi.

Dari 12 negara yang akan ikut serta dalam play-off tersebut, sejauh ini baru 10 negara yang telah dikonfirmasi. Mereka adalah Portugal, Swedia, Italia, Skotlandia, Rusia, Polandia, Makedonia Utara, Republik Ceko, Wales, dan Austria. 

Persaingan di babak play-off ini menjadi semakin sengit karena kemungkinan Timnas Belanda juga bisa saja kehilangan posisinya sebagai juara grup. Belanda akan menghadapi Norwegia di matchday terakhir Grup G. Jika kalah dari Norwegia, maka De Oranje akan masuk ke babak play-off.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2877 seconds [13]