F1 | Detail

Aturan Budget Cap Buat Ferrari Susah Kembangkan Mobil di F1 2022

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 10 Januari 2022, 19:30 WIB
Aturan <i>Budget Cap</i> Buat Ferrari Susah Kembangkan Mobil di F1 2022
Duo Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr (55) dan Charles Leclerc, melaju di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (Foto: Reuters/Henry Romero)

MARANELLO - Aturan baru pembatasan dana atau budget cap di Formula One (F1) 2022 menjadi kendala Ferrari untuk mengembangkan mobil mereka. Hal tersebut disampaikan Direktur Olahraga Scuderia Ferrari, Laurent Mekies.

Aturan budget cap bertujuan untuk menciptakan lingkungan kompetisi yang sehat di musim ini. Pasalnya setiap tim hanya diperkenankan menghabiskan dana 140 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,99 triliun.

Angka itu mengalami penurunan, karena budget cap di 2021 adalah 145 juta dolar AS (Rp2,06 triliun). Oleh sebab itu, Mekies ragu Ferrari bakal menghabiskan dana untuk pengembangan mobil F1 2022.

Pasalnya, dana 140 juta dolar AS sudah termasuk biaya perbaikan dan perlengkapan lain. Sementara Ferrari membutuhkan uang sebanyak mungkin untuk mengembangkan mobil.

“Kami harus menjaga pengeluaran untuk pengembangan mobil sepanjang tahun. Karena kami harus terus belajar dan belajar. Kami membutuhkan cara untuk beradaptasi,” kata Mekies dikutip Motorsport, Senin (10/1/2022).

Selain itu, pabrikan asal Maranello, Italia tersebut harus berhati-hati kapan bisa memperkenalkan perlengkapan baru. Jika terjadi kesalahan, maka mereka bisa saja bakal kesulitan di sisa musim.

“Hal itu menjadi tantangan terbesar. Ketika batasnya sudah dibuat, akan ada banyak pengembangan, dari sektor aero dan mekanis. Lalu ada pengembanagn tak terduga. Akibatnya, pengembangannya harus dijadwal ulang,” ujarnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1172 seconds [12]