Netting | Detail

ATP Dikritik Usai Beda Pandangan dengan WTA atas Kasus Peng Shuai

Andika Rachmansyah
Sabtu, 04 Desember 2021, 01:13 WIB
ATP Dikritik Usai Beda Pandangan dengan WTA atas Kasus Peng Shuai
Petenis China, Peng Shuai (Foto: REUTERS)

LONDON – Asosiasi Petenis Profesional Putra (ATP) mendapatkan kritik dari berbagai pihak karena dianggap tidak memiliki solidaritas dengan Asosiasi Petenis Profesional Putri (WTA) terkait kasus pelecehan seksual yang dialami petenis asal China, Peng Shuai.

Terbaru WTA menyatakan sikap bahwa akan menangguhkan seluruh turnamen mereka di China. Hal tersebut dilakukan karena kasus yang dialami Peng belum menunjukkan tanda-tanda bakal mendingin dari pemerintah Negeri Tirai Bambu.

Namun, ATP mengeluarkan pernyataan yang berbeda dengan WTA. Andrea Gaudenzi selaku presiden ATP, justru mengatakan akan melakukan komunikasi langsung secara terbuka dengan antara pemain dan WTA.

“Situasi yang melibatkan Peng Shuai terus menimbulkan kekhawatiran serius di dalam dan di luar olahraga kami,” kata Gaudenzi, dikutip dari ABC News, Jumat (3/12/2021).

“Tanggapan terhadap kekhawatiran itu sejauh ini gagal. Kami sekali lagi mendesak jalur komunikasi langsung terbuka antara pemain dan WTA untuk membangun gambaran yang lebih jelas tentang situasinya,” lanjutnya.

“Kami tahu bahwa olahraga dapat memiliki pengaruh positif pada masyarakat dan umumnya percaya bahwa kehadiran global memberi kami peluang terbaik untuk menciptakan peluang dan membuat dampak,” sambungnya.

Pernyataan tersebut sontak mendapat kritik dari berbagai pihak. Mereka menyebut bahwa ATP tidak memiliki solidaritas dengan WTA. Salah satunya direspon petenis legendaris asal Amerika Serikat, Martina Navratilova.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1165 seconds [13]