Tim Nasional | Detail

Asnawi Mangkualam Dinilai Jadi Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Thailand

Furqon Al Fauzi
Jum'at, 20 Mei 2022, 12:00 WIB
Asnawi Mangkualam Dinilai Jadi Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Thailand
Shin Tae-yong menyaksikan Asnawi Mangkualam berlaga bersama Ansan Greeners FC (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

NAM DINH - Asnawi Mangkualam Bahar dianggap jadi salah satu penyebab mengapa Timnas Indonesia U-23 gagal mengalahkan Thailand U-23 di semifinal cabor sepak bola putra SEA Games 2021.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor tipis 0-1 pada laga yang digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022).

Indonesia pun harus mengubur mimpi untuk meraih medali emas di cabor sepak bola setelah terakhir kali meraihnya pada edisi SEA Games 1991 silam. 

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengatakan salah satu faktor timnya kalah dari Thailand adalah karena ketidakhadiran Asnawi di lapangan.

Akibat akumulasi kartu kuning, posisi bek kanan diisi oleh Rachmat Irianto. Meski tak tampil buruk, Rian, sapaan karib Irianto sejatinya tampil apik dalam menjaga pertahanan.

Namun saat membantu serangan, Rian memang tak seeksplosif Asnawi. Sebab itu, sisi penyerangan dari sisi kanan tidak terlalu membahayakan lini pertahanan Thailand sepanjang pertandingan.

“Indonesia tidak memiliki servis Asnawi Mangkualam karena cedera di laga ini. Dia adalah pemain dengan pengaruh besar di tim. Absennya dia (Asnawi) membuat semangat Indonesia agak terpengaruh dan gagal mengalahkan mereka (Thailand),” kata Shin Tae-yong dikutip dari Zingnews.

Meski gagal mencapai target medali emas, pelatih asal Korea Selatan tersebut bangga dengan kerja keras yang diperlihatkan anak asuhannya sepanjang gelaran SEA Games 2021.

Shin Tae-yong beralasan timnya kalah karena tidak mampu memperlihatkan kualitas permainan yang semestinya. 
“Kami kalah karena tidak bisa menunjukkan permainan. Kami harus melihat ke belakang untuk memperbaiki diri. Tapi saya sendiri tidak kecewa dengan performa para pemain. Thailand memanfaatkan peluang. Mereka pantas menang,” pungkas Shin Tae-yong.

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 memang belum berakhir sepenuhnya. Masih ada perebutan medali perunggu dimana Indonesia akan menghadapi musuh bebuyutannya yakni Timnas Malaysia U-23, Minggu (22/5/2022) sore. 
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1394 seconds [12]