logo
Bola Lainnya | Detail

Arti Hukuman Kartu Kuning dan Merah dalam Sepak Bola

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 23:20 WIB
Arti Hukuman Kartu Kuning dan Merah dalam Sepak Bola
Arti hukuman kartu kuning dan merah dalam sepak bola adalah konsekuensi dari pelanggaran serta protes berlebihan seperti Thomas Tuchel (Foto: Reuters/Antonio Bronic)

JAKARTA - Arti hukuman kartu kuning dan merah dalam sepak bola masih banyak belum diketahui oleh penikmat olah raga satu ini. Sebelumnya, sepak bola adalah salah satu olahraga yang digemari seluruh dunia.

Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Namun, sepak bola mempunyai peraturan jika pemain melakukan pelanggaran, maka bisa dijatuhi hukuman kartu kuning dan juga kartu merah

Dalam permainan sepak bola, ada juga berbagai jenis hukuman. Yang paling ringan adalah peringatan dari wasit. Kemudian, hukuman yang paling berat adalah kartu kuning serta kartu merah. 

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022), Sportstars.id akan membahas arti hukuman kartu kuning dan kartu merah dalam sepak bola. Yuk langsung simak.

Arti Hukuman Kartu Kuning dan Merah dalam Sepak Bola

Arti Hukuman Kartu Kuning

Wasit memberi kartu kuning kepada pelatih Atletico Madrid U-18 Daniel Perez pada laga IYC 2021 (Foto: MPI/Faisal Rahman)
Arti hukuman kartu kuning dalam sepak bola adalah peringatan keras (Foto: MPI/Faisal Rahman)

Wasit akan mengeluarkan kartu kuning kepada pemain yang melakukan pelanggaran dalam permainan sepak bola. Kartu kuning akan dikeluarkan sebagai bentuk peringatan. Tentu, wasit tidak asal mengeluarkan kartu kuning. Hukuman ini baru dijatuhkan bila pemain melakukan pelanggaran dengan tingkat yang membahayakan, tetapi wasit masih sekadar memberi peringatan keras.

Pemain yang diberikan kartu kuning harus agar berhati-hati dalam bertanding dan tidak melakukan pelanggaran lagi. Jika mendapatkan dua kartu kuning, maka selanjutnya dia akan dikenakan hukuman paling berat, yakni kartu merah.

Arti Hukuman Kartu Merah

Penyerang Liverpool, Darwin Nunez, dikartu merah wasit Paul Tierny pada laga kontra Liverpool (Foto: Reuters/Peter Powell)
Arti hukuman kartu merah dalam sepak bola adalah pemain harus keluar dari lapangan (Foto: Reuters/Peter Powell)

Wasit akan mengeluarkan kartu merah kepada pemain yang melakukan pelanggaran dalam kategori berat di sepak bola. Kartu merah bukan lagi menjadi peringatan terhadap pemain, melainkan yang bersangkutan harus meninggalkan lapangan. 

Di saat pemain mengantongi dua kartu kuning, maka wasit akan langsung memberinya kartu merah. Dua kartu kuning bisa sekaligus terjadi bila pemain tidak terima diberi kartu pertama, lalu melancarkan protes berlebihan kepada wasit. 

Itulah arti hukuman dari kartu kuning maupun kartu merah dalam sepak bola. Semoga artikel tadi dapat menambah pengetahuan pembaca. Jangan sampai terkena kartu kuning atau kartu merah ya!

(Muhammad Farkhan N.S)
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1611 seconds [12]