logo
Liga Italia | Detail

Arkadiusz Milik Cetak Gol Debut, Juventus Benamkan Spezia di Allianz Stadium

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 01 September 2022, 04:40 WIB
Arkadiusz Milik Cetak Gol Debut, Juventus Benamkan Spezia di Allianz Stadium
Juventus vs Spezia (Foto: Reuters)

TURIN Juventus FC berhasil mengantongi tiga poin dalam laga pekan keempat Liga Italia 2022/2023. Dusan Vlahovic dan kolega sukses mengalahkan Spezia dengan skor 2-0.

Bermain di Allianz Stadium, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB, Bianconeri –julukan Juventus- unggul cepat lewat tendangan bebas Vlahovic pada menit sembilan. Setelah itu, gol kedua mereka yang merupakan gol debut Arkadiusz Milik baru tercipta di tambahan waktu babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Juventus tampil menekan sejak pertandingan dimulai. Mereka mengambil inisiatif serangan lebih dulu untuk memberi tekanan pada Spezia.

Hasilnya, sembilan menit babak pertama berjalan, Bianconeri sudah berhasil memecah kebuntuan lewat Dusan Vlahovic. Setelah pada akhir pekan lalu mencetak gol dengan tendangan bebas cantiknya ke gawang AS Roma, kali ini penyerang asal Serbia itu melakukannya lagi ke gawang Spezia. 

Tendangan bebasnya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang tak mampu dijangkau oleh Bartlomiej Dragowski. Kejebolan satu gol, Spezia justru bisa keluar dari tekanan tim tuan rumah dan bahkan bisa menyamakan kedudukan pada menit 16 lewat Emmanuel Gyasi. 

Namun sayang, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Gyasi berada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Petko Hristov.

Pada menit 27, Vlahovic hampir menorehkan gol keduanya dalam laga ini. Akan tetapi, sepakan placing-nya dari sudut sempit bisa diselamatkan oleh Dragowski.

Dua menit kemudian, Dragowski kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini, dia berhasil menghalau tandukan Vlahovic yang menyambut umpan manis Juan Cuadrado dari sayap kanan.

 Enam menit berselang, gantian Spezia yang mengancam gawang Wojciech Szczesny. Namun, tendangan spekulasi jarak jauh dari Simone Bastoni masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit-menit akhir babak pertama, Bianconeri mendapatkan beberapa peluang lewat Vlahovic dan juga Kean tetapi tidak berbuah gol karena penyelesaian akhir yang buruk. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan klub raksasa asal Turin itu tetap tidak berubah saat turun minum.

Babak Kedua

Meski unggul satu gol, Juventus langsung menyerang begitu babak kedua dimulai. Moise Kean pun hampir mencetak gol pada menit 46 jika tendangan kaki kanannya tak melambung tipis di atas mistar gawang.

Namun, enam menit kemudian Spezia balik mengancam lewat M’bala Nzola. Berunung bagi Bianconeri, Perin, yang menggantikan Szczesny di akhir babak pertama karena cedera, berada dalam posisi yang tepat sehingga bisa menepis tendangan Nzola yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Pada menit 66, Vlahovic mendapat peluang emas yang nyaris berbuah gol kedua bagi Juventus. Sayangnya, tandukannya yang menyambar sepak pojok Kostic bisa ditepis Dragowski, yang kemudian mengamankan bola tepisannya yang jatuh di garis gawang.

Enam menit berselang, gantian Danilo yang membahayakan gawang Spezia dengan tandukannya. Namun, bola yang ditanduknya dari sepak pojok Angel Di Maria masih menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Setelah itu, Spezia lebih banyak menguasai bola. Akan tetapi, mereka kesulitan untuk menemukan celah di pertahanan Juventus untuk menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit 82, Spezia justru hampir kebobolan untuk kedua kalinya pada laga ini. Untungnya, tendangan keras yang dilesatkan Di Maria dari dalam kotak penalti hanya menyambar mistar gawang.

Sepuluh menit kemudian, akhirnya serangan Bianconeri kembali berbuah gol lewat Arkadiusz Milik. Striker yang baru dibeli dari Olympique Marseille itu mencetak gol dengan tendangannya dekat titik putih yang memanfaatkan umpan Fabio Miretti. Alhasil, pertandingan ditutup dengan kemenangan 2-0 untuk Juventus.

Susunan Pemain

JUVENTUS (4-3-3): W. Szczesny; Danilo, F. Gatti, G. Bremer, M. De Sciglio; M. Locatelli, F. Miretti, A. Rabiot; J. Cuadrado, M. Kean, D. Vlahovic
Pelatih: Massimiliano Allegri

SPEZIA (3-5-2): B. Dragowski; P. Hrlstov, J. Klwlor, D. Nikolaou; E. Holm, S. Bastoni, M. Bourabia, V. Kovalenko, A. Reca; E. Gyasl, M’Bala Nzola.
Pelatih: Luca Gotti
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1964 seconds [12]