logo
F1 | Detail

Arab Saudi Tawarkan Diri Jadi Markas Tim Pabrikan F1

Muammar Yahya Herdana
Kamis, 12 Januari 2023, 13:30 WIB
Arab Saudi Tawarkan Diri Jadi Markas Tim Pabrikan F1
Start balapan F1 GP Arab Saudi 2022 berlangsung mulus (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

RIYADH - Arab Saudi cukup serius untuk mengembangkan potensi Formula 1 (F1) di masa mendatang. Mereka telah menawarkan dua tim besar, McLaren dan Aston Martin, untuk membuka markas di sana.

Kota Neom pun menjadi salah satu tawaran menggiurkan yang ditawarkan Arab Saudi bagi McLaren dan Aston Martin. Sebagai informasi, Neom adalah kota dagang masa depan Arab Saudi yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

Presiden Federasi Mobil dan Sepeda Motor Arab Saudi, Pangeran Khalid Bin Sultan Al Faisal, membeberkan ambisinya untuk mengembangkan olahraga balap di negaranya. Dirinya ingin Arab Saudi menjadi pusat berbagai olahraga balapan termasuk F1 kedepannya.

“Kami memiliki program 20 tahun yang mudah-mudahan akan diluncurkan pada akhir 2023 atau awa 2024. Tujuan kami bukan hanya menjadi tuan rumah acara internasional, kami ingin lebih terlibat," ungkap Pangeran Khalid dilansir dari Jalopnik, Kamis (12/1/2023).

"Kami ingin memiliki insinyur, kami ingin memiliki mekanik, kami ingin membuat mobil, kami ingin menjadi kreatif," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Pangeran Khalid juga bertekad membuat Arab Saudi memiliki juara dunia di ajang F1 pada masa mendatang. Dirinya pun menegaskan bahwa Arab Saudi telah melakukan investasi besar agar ambisi tersebut bisa tercapai.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1854 seconds [12]