logo
Balap Lainnya | Detail

Tanyakan Apakah SIM Mati Bisa Diperpanjang? Begini Arahannya

Intan Rachmasari
Sabtu, 17 September 2022, 11:47 WIB
Tanyakan Apakah SIM Mati Bisa Diperpanjang? Begini Arahannya
Ilustrasi. (Foto: Carmudi).

JAKARTA - Apakah SIM mati bisa diperpanjang? Jangan panik karena pertanyaan ini kerap muncul di benak para pengendara kendaraan bermotor dengan SIM yang telah habis masa berlakunya.

SIM merupakan surat izin mengemudi yang menjadi syarat penting bagi pengendara kendaraan bermotor. Khusus Indonesia, SIM dibagi menjadi enam golongan berdasarkan spesialisasi kendaraan yang dikendarai.

Setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. SIM memang akan habis masa berlakunya setiap 5 tahun. Namun apa yang harus dilakukan jika SIM mati?

Apakah SIM mati bisa diperpanjang? Dilansir dari beberapa sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas informasinya;

SIM (Sumber: Instagram)

Bagaimana Caranya SIM Mati Bisa Diperpanjang Lagi?

Sebagai pemilik surat izin mengemudi atau SIM, para pengendara wajib melakukan perpanjang SIM berkala sebelum habis masa berlakunya yaitu 5 tahun sekali. Bila telat melakukan perpanjangan SIM, tentunya akan mati alias tidak berlaku. 

Pengendara wajib melakukan perpanjangan sebelum masa berlaku SIM habis. Namun tak jarang juga pengendara lupa untuk melakukan perpanjangan hingga melewati batas masa berlakunya.

Keterlambatan perpanjangan SIM maksimal satu hari setelah masa berlaku habis, jika lewat dari satu hari makan SIM para pengendara harus mematuhi peraturan yang berlaku untuk melakukan pembuatan SIM ulang. 

Berdasarkan peraturan yang berlaku, para pengendara yang telat memperpanjang SIM tidak bisa lagi melakukan proses perpanjangan karena SIM sudah mati. SIM mati tidak bisa diperpanjang, sehingga para pengendara harus kembali mengikuti prosedur pembuatan SIM baru. 

Pihak yang berwajib sudah memberikan himbauan untuk para pengendara melakukan perpanjangan SIM maksimal 14 hari sebelum habis masa berlakunya. Hal ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan dan berujung SIM mati. 

Perpanjangan SIM saat ini juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mendatangi kantor Satpas. Dengan mengakses aplikasinya via smartphone, para pengendara bisa melakukan perpanjang SIM dengan mudah. 

Demikian ulasan dari pertanyaan, apakah SIM mati bisa diperpanjang? Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1685 seconds [12]