logo
Hobi | Detail

Apa Sih Perbedaan Bulking dan Cutting ? Begini Penjelasannya

Tim Sportstars
Selasa, 19 Juli 2022, 22:40 WIB
Apa Sih Perbedaan Bulking dan Cutting ? Begini Penjelasannya
Sama sama memiliki tujuan membentuk tubuh ideal, bulking dan cutting punya perbedaan. (Foto: evofitness)

JAKARTA – Apa sih perbedaan bulking dan cutting? yang sering muncul dalam fitness. Padahal, bulking dan cutting sama-sama memiliki tujuan membentuk tubuh menjadi lebih sehat dan ideal. Memiliki tubuh yang sehat dan ideal menjadi impian banyak orang.

Tubuh yang ideal memiliki komposisi yang bagus mulai dari lemak tubuh, massa tulang, massa otot dan kadar air yang sesuai dengan bentuk tubuh individu masing-masing orang. Bentuk tubuh masing- masing orang sangat berbeda-beda, ada 3 yaitu Ectomorph (kurus), Endomorph (gemuk), Mesomorph (sedang).

Berikut perbedaan bulking dan cutting.

  • Bulking merupakan kegiatan fitness yang tujuannya menaikan berat badan, untuk membentuk masa otot atau kekuatan otot menjadi lebih berenergi. Sedangkan cutting, tujuannya mengurangi berat badan dan asupan kalori yang berlebih,untuk menghilangkan lemak tubuh.  
  • Di dalam tubuh kita terdapat nutrition partitioning merupakan kondisi makanan yang terbentuk akan menjadi otot atau lemak. Semakin tinggi lemak, nutrisi akan lebih banyak disimpan menjadi lemak bukan energi. Untuk membentuk tubuh yang ideal tentunya bingung, akan melakukan diet bulking atau cutting terlebih dahulu.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1529 seconds [13]