logo
Ragam Lainnya | Detail

Apa Saja Sarana dan Prasarana Bola Kasti? Berikut Ulasannya!

Tim Sportstars
Jum'at, 04 November 2022, 17:55 WIB
Apa Saja Sarana dan Prasarana Bola Kasti? Berikut Ulasannya!
Sarana dan Prasarana Bola Kasti (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

SARANA dan prasarana permainan bola kasti penting diketahui sebelum memainkan permainan ini. Dikutip dari web Britannica, Jumat (4/11/2022) permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan dengan pemukul, bola, dan sarung tangan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sembilan pemain. 

Tiap tim bergantian posisi sebagai regu pemukul (offense) dan regu penjaga (defense). Sebagai regu pemukul, pemain mencoba untuk memukul bola di luar jangkauan regu penjaga.

Regu penjaga akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh regu pukul. Jika bola berhasil ditangkap oleh regu penjaga, maka bola dapat ditembakkan ke anggota regu pemukul. Lalu apa saja sarana dan prasarana permainan bola kasti? 

Sarana dan Prasarana Permainan Bola Kasti :

Lapangan Kasti

Lapangan permainan kasti yang terbesar berukuran 60 x 30 meter. Sedangkan untuk lapangan kasti paling kecil memiliki ukuran sekitar 30 x 45 meter.

Lima meter dari panjang lapangan digunakan untuk ruangan tempat penjaga belakang, tempat pemukul, tempat pelambung dan tempat pemain pemukul. Kemudian ada pula ukuran tanah kosong di luar garis batas sekitar 5 meter dan di sebelah kiri luar garis memiliki ukuran 10 meter. Tanah kosong yang berada di luar garis batas tersebut berisi para penonton yang melihat pertandingan bola kasti.

Tiang Hinggap dan Tiang Penyelamat 

Terdapat dua buah tiang hinggap yang masing-masing diletakkan berjarak 10 meter dari tiang yang lainnya, 10 meter dari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping. Bagian pangkal lapangan terdapat ruangan atau petak pemukul juga 5 x 5 meter dari garis samping. Lapangan dilengkapi dengan tiang penyelamat yang diletakkan dengan jaraknya 5 meter dari garis pemukul dan 5 meter dari garis samping. 

Garis Batas 

Dalam lapangan bola kasti terdapat pula garis batas yang ditandai menggunakan bilah, kapur atau tali. Batas garis pada tanah tersebut juga dapat dilakukan dengan menggalinya, namun ukurannya kurang dari 3 cm. 

Bendera 

Dilengkapi pula dengan bendera yang dipancangkan pada pertengahan garis samping dan keempat sudut lapangan. Tiang bendera dari tanah memiliki tinggi sekitar 1,5 meter.

Fungsi dari adanya bendera adalah dapat menjadi penanda beberapa lokasi di lapangan. Karena tujuannya sebagai penanda lokasi, makanya warna dari setiap bendera harus berbeda.

Tongkat Pemukul Dan Bola Kasti

Tongkat pemukul terbuat dari kayu dengan panjang sekitar 50-60 cm. Penampangnya berbentuk oval atau bulat telur dengan lebar penampang tidak lebih dari 5 cm dan memiliki ketebalan 3 cm.

Bola yang digunakan dalam permainan bola kasti sama dengan yang digunakan dalam permainan bola tenis. Bola ini berwarna hijau yang terbuat dari karet atau kulit dengan ukuran lingkaran 19-20 cm dan memiliki berat sekitar 70-80 gram.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1760 seconds [12]