Bola Lainnya | Detail

Apa Itu Toulon Cup? Turnamen Diikuti Timnas Indonesia U-19 yang Lahirkan Banyak Bintang Sepak bola Dunia

Furqon Al Fauzi
Rabu, 25 Mei 2022, 11:30 WIB
Apa Itu Toulon Cup? Turnamen Diikuti Timnas Indonesia U-19 yang Lahirkan Banyak Bintang Sepak bola Dunia
Timnas U-19 di Toulon Cup 2017 (Foto: Dokumentasi Toulon Cup)

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 akan mengikuti turnamen Toulon Cup 2022, di Paris, Prancis mulai akhir pekan ini. Mari mengenal apa itu Toulon Cup, turnamen tak resmi FIFA yang melahirkan banyak bintang-bintang top sepak bola dunia.

Toulon Cup adalah turnamen persahabatan antar negara untuk tim usia muda kategori usia 17-23 tahun. Ajang ini tidak masuk ke dalam kalender FIFA namun Toulon Cup begitu bergengsi dan telah lama bergulir.

Toulon Cup 2022 digelar mulai 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang. Terdapat 12 tim yang dibagi ke dalam tiga grup berbeda. Sejumlah tim kuat turut hadir dalam turnamen edisi kali ini, misalnya saja Prancis, Jepang, dan Argentina. 

Edisi kali ini, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B bersama Ghana, Venezuela, dan Meksiko. Nama terakhir diyakini jadi penantang terkuat lantaran Meksiko dikenal kuat dalam timnas usia mudanya.

Egy Maulana Vikri di Toulon Cup 2017

Turnamen dengan nama lawas Tournoi Maurice Revello ini pertama kali digulirkan pada 1967. Sudah banyak bintang sepak bola dunia yang lahir dari ajang tersebut. 

Sebut saja Alan Shearer, Rui Costa, Thierry Henry, Juan Riquelme, Zinedine Zidane, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Cristiano Ronaldo, dan masih banyak lainnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1296 seconds [12]