Bola Lainnya | Detail

Apa itu Gegenpressing? Berikut Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahannya

Tim Sportstars
Kamis, 06 Januari 2022, 18:35 WIB
Apa itu Gegenpressing? Berikut Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahannya
Jurgen Klopp yang disebut sebagai penemu gegenpressing saat bersama pemain Liverpool. (Foto: Reuters)

SEPAK BOLA memiliki berbagai istilah dalam permainannya. Salah satu istilah yang ramai diperbincangkan ialah gegenpressing. Sebenarnya, apa itu gegenpressing? Gegenpressing menjadi salah satu istilah strategi yang belakangan ini sedang banyak diperbincangkan selain tiki-taka.

Untuk pecinta sepak bola lama, pasti sudah tak asing dengan tiki-taka yang mulanya dipopulerkan di klub Barcelona oleh Josep Guardiola pada tahun 2008-2012. Semakin berjalannya waktu, perubahan permainan dalam sepakbola pun pasti terjadi. Salah satunya ada penerapan permainan gegenpressing. Berikut penjelasan mengenai apa itu gegenpressing yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. 

Pengertian Gegenpressing

Gegenpressing merupakan sebuah kata dari bahasa Jerman yang jika diartikan ke bahasa inggris menjadi counterpressing. Gegenpressing merupakan satu istilah strategi yang digunakan pada permainan sepak bola.

Taktik ini dipopulerkan oleh Jurgen Klopp yang pernah menangani tim Borussia Dortmund dan juga Liverpool. Sebelumnya, gegenpressing sudah digunakan oleh Ralf Rangnick. Arti gegenpressing yaitu melakukan perlawanan serangan balik ke lawan dengan merebut bola yang sedang berada di wilayah lawan.

Permainan menekan yang intens, tentu saja menargetkan pertahanan yang lemah atau mereka yang paling tidak mahir dalam menguasai bola. Prinsip dasarnya adalah menekan lawan sesegera mungkin ketika pemain kehilangan bola, sehingga bisa mendapatkan kembali penguasaan bola. 

Meskipun dalam gegenpressing penting untuk mempertahankan tingkat tekanan yang tinggi sepanjang permainan, pemain juga harus dapat memahami kapan harus kembali ke posisi bertahan untuk menghemat energi. Penekanan tinggi atau gegenpressing tidak bisa berjalan dengan maksimal jika tim benar-benar kelelahan atau rentan terhadap cedera. 

Gegenpressing paling efektif dengan penggunaan tiga pemain depan yang sangat cepat dan bugar, tetapi juga seseorang yang cukup kreatif untuk memanfaatkan kesalahan umpan. 

Kelebihan Gegenpressing

Setelah mengetahui apa itu gegenpressing, hal yang perlu diketahui lainnya adalah kelebihan dari gegenpressing. Penerapan gegenpressing dalam permainan juga memiliki kelebihannya tersendiri. 

Seperti yang sudah dijelaskan gegenpressing berarti penekanan tinggi yang dilakukan kepada lawan. Seperti pada penerapan gegenpressing yang dilakukan oleh Klopp pada timnya di Liverpool yang berhasil membawakan juara Premier League 2020 kemarin. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1130 seconds [12]