Sportainment | Detail

Apa itu Esports? Kenali Jenis dan Manfaatnya

Tim Sportstars
Selasa, 05 April 2022, 20:01 WIB
Apa itu Esports? Kenali Jenis dan Manfaatnya
Salah satu suasana pertandingan eSports. (foto:dok)

APA Itu Esports? Mengapa belakangan ini semakin santer dengan olahraga baru ini? Sebuah penelitian menunjukan bahwa Esports memberikan banyak manfaat yang sama dengan olahraga lainnya. 

Karena pada dasarnya olahraga ini memang minim aktivitas fisik, namun juga terdapat kerjasama tim, komunikasi, strategi, dan sportivitas  yang dapat dipelajari melalui Esports yang terorganisir dengan baik.  

Esports merupakan singkatan dari Electronic Sport yang merupakan bentuk olahraga dengan menggunakan video games multi pemain yang terorganisir, terutama antara pemain profesional, individu, atau sebagai tim 

Lalu apa saja jenis-jenis dari Esports itu sendiri? Dikutip dari beberapa sumber berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya buat para pembaca:

Jenis-Jenis Esports dan Penjelasannya 

PvP (Player vs Player)
Ini merupakan permainan yang terdiri dari satu orang pemain atau lebih dan berhadapan dengan satu pemain atau lebih lainnya. Istilah ini sering digunakan dengan hampir semua judul Esports, namun PvP tidak sepopuler.

Game pertarungan PvP terpopuler yakni Super Smash Bro's (umumnya hanya dikenal sebagai 'Smash'), Mortal Kombat X (MKX), dan Tekken. Sementara game bergenre olahraga PvP terpopuler yakni FIFA, Madden, dan Rocket League

First Person Shooter (FPS) 
FPS adalah salah satu genre paling populer di Esports dan salah satu yang tertua dengan Doom dan Quake di awal 90-an memulai debutnya. Genre permainan ini dimana aAnda melihat dunia melalui mata karakter Anda. 

Dengan adanya senjata yang melayang di depan Anda bersama dengan peta mini dari level yang dimainkan, berapa banyak stok kesehatan yang Anda miliki dan jumlah amunisi / armor. 

Tujuan utama dari FPS ialah membunuh lawan. Sebagian besar game FPS membutuhkan tim tertentu untuk menangkap atau menghancurkan tujuan lawan.

Esports FPS populer yakni Counter-Strike (CS, CS:GO),Battlefield (BF), Call of Duty (CoD), dan Overwatch (OW). 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1297 seconds [13]