logo
Tim Nasional | Detail

Apa Dampak Positif Piala AFF Masuk Kalender Resmi FIFA?

Rifqi Herjoko
Kamis, 19 Januari 2023, 18:15 WIB
Apa Dampak Positif Piala AFF Masuk Kalender Resmi FIFA?
Presiden FIFA, Gianntino untuk memberikan foto untuk Timnas Thailand (Foto: REUTERS)

JAKARTA – Beredar wacana Piala AFF akan masuk ke kalender resmi FIFA. Publik tentu bertanya-tanya terkait dampak positif jika turnamen bergengsi ASEAN itu termasuk dalam kalender FIFA.

Wacana menjadikan Piala AFF masuk kalender FIFA dilontarkan oleh Presiden FIFA langsugn Gianni Infantino. Dia mengaku ingin menjadikan Piala AFF menjadi turnamen di FIFA Matchday. Pria berusia 52 tahun itu yakin Piala AFF akan menjadi semakin besar jika masuk kalender FIFA.

“Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA Days. Kami harus memastikan bahwa liga ini semakin berkembang,” ujar Gianni Infantino dilansir dari Zing News, Kamis (19/1/2023).

“Saya yakin jika kita bekerja sama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA," sambungnya kemudian.

Timbul pertanyaan apakah masuknya Piala AFF ke kalender FIFA akan menimbulkan dampak tertentu bagi turnamen bergengsi ASEAN tersebut. Usut punya usut, terdapat sejumlah dampak positif yang akan dirasakan para kontestan Piala AFF jika wacana tersebut terwujud.

Salah satu dampak positif jika Piala AFF masuk kalender FIFA adalah pemain ASEAN yang bermain di luar negeri bisa membela tim nasionalnya di turnamen tersebut. 

Klub nantinya wajib melepas mereka untuk bermain di Piala AFF. Hal berbeda dialami sejumlah pemain abroad di Piala AFF 2022 yang tidak diizinkan tampil membela tim nasionalnya karena turnamen tersebut tidak masuk dalam kalender FIFA.

Dampak positif lainnya adalah terkait potensi perolehan poin jika menang di setiap laga Piala AFF. Saat ini, Piala AFF tergolong turnamen kategori A. Jika Piala AFF ditingkatkan ke turnamen FIFA Days, maka potensi poin yang didapatkan kontestan turnamen tersebut akan lebih tinggi lagi.

Menarik untuk melihat apakah peningkatan level Piala AFF akan benar-benar terwujud. Jika hal itu terjadi, Timnas Indonesia bisa tampil dengan kekuatan terbaik di Piala AFF edisi selanjutnya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2457 seconds [13]