Ragam Lainnya | Detail

Apa Arti Stroke dalam Olahraga Renang? Berikut Penjelasannya

Johana Joy Artamira
Selasa, 14 Juni 2022, 15:09 WIB
Apa Arti Stroke dalam Olahraga Renang? Berikut Penjelasannya
Istilah stroke dalam olahraga renang diartikan sebagai jenis-jenis gaya berenang atau metode yang digunakan pada saat berenang. (Foto: REUTERS)

JAKARTA–Masih banyak yang belum mengerti tentang arti stroke dalam olahraga renang. Diketahui dari berbagai sumber, istilah stroke dalam olahraga renang diartikan sebagai jenis – jenis gaya berenang atau metode yang digunakan pada saat berenang.

Apa arti stroke dalam olahraga renang?

Setidaknya terdapat beberapa jenis gaya renang yaitu backstroke, breaststroke, dan butterfly stroke. Pertama Backstroke merupakan nama lain dari gaya renang punggung.

Gaya renang ini dipraktikkan dengan badan yang terlentang melihat ke atas, namun punggung yang berada di permukaan air. Secara umum memang gaya satu ini cukup menantang untuk dikuasai.

Kedua adalah renang gaya dada yang disebut breaststroke. Gaya renang satu ini dapat dilakukan dengan tubuh yang dalam posisi merangkak pada permukaan air kemudian disertai dengan gerakan tangan dan kaki.

Nah, untuk istilah ‘butterfly stroke’, sudah dapat dikatakan bahwa istilah tersebut merupakan nama lain dari gaya renang kupu – kupu. Gaya renang ini dilakukan dengan kedua lengan yang mengayuh ke depan secara bersamaan.

Kemudian, kedua tangan membentang lalu mengepak guna maju ke depan. Gerakan ini terlihat seperti gerakan sayap kupu-kupu. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa arti stroke dalam olahraga renang merujuk pada jenis – jenis gaya berenang. Semoga pembahasan ini memberi manfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1354 seconds [12]