logo
Basket | Detail

Animo Penonton Bisa Buka Peluang Timnas Basket Indonesia Tampi di FIBA World Cup 2023

Muammar Yahya Herdana
Kamis, 21 Juli 2022, 23:00 WIB
Animo Penonton Bisa Buka Peluang Timnas Basket Indonesia Tampi di FIBA World Cup 2023
Penonton bergemuruh di Istora Senayan, Jakarta, menyambut kemenangan Timnas Basket Indonesia atas Timnas Basket Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022 (Foto: MPI/Muammar Yahya Herdana)

JAKARTA Timnas Basket Indonesia diyakini masih memiliki peluang untuk bisa tampil di FIBA World Cup 2023. Pasalnya, pada FIBA Asia Cup 2022, Istora Senayan selalu dipenuhi kurang lebih 5 ribu penonton ketika Timnas Indonesia bermain.

Seperti yang telah diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama dengan Jepang dan juga Filipina. Meski begitu, Indonesia gagal merealisasikan syarat dari FIBA untuk bisa bersaing di World Cup 2023.

Ada dua jalur yang bisa Indonesia lakukan untuk memastikan diri tampil di FIBA World Cup 2023, yaitu melalui babak kualifikasi, dan juga melangkah ke babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022. Sayangnya, Indonesia gagal mencapai dua hal tersebut.

Kini, PP Perbasi pun masih mencoba segala cara untuk membujuk FIBA mengizinkan Timnas Indonesia bersaing di FIBA World Cup 2022. Berkaca dari turnamen FIBA Asia Cup 2022, faktor penonton di stadion bisa saja melunakan FIBA untuk mengizinkan Indonesia ikut bertanding.

Sebagai catatan, Istora Senayan selalu dipenuhi oleh para pecinta basket Indonesia ketika tim asuhan Milos Pejic bertanding. Saat menghadapi Arab Saudi, tercatat sebanyak 4.863 tiket terjual, ketika melawan Yordania, 5.134 tiket juga ludes terjual. Selain itu, sebanyak 5.052 tiket terjual saat Indonesia menghadapi Australia. Serta 5.172 tiket habis ketika melawan China.

Hal yang jauh berbeda terlihat di Istora ketika Indonesia tidak bertanding dimana tribune penonton terlihat sangat sepi. Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, merasa hal tersebut akan menjadi penilaian FIBA untuk mengizinkan Indonesia ikut berpartisipasi.

“Saat ini kami masih melakukan usaha supaya FIBA mengizinkan Timnas Indonesia bersaing di FIBA World Cup 2023. Karena FIBA juga tidak ingin turnamen sebesar itu sepi pengunjung,” ujar Nirmala Dewi pada konferensi pers Perbasi, Kamis (21/7/2022).

“Selain itu saya rasa Indonesia telah menunjukan level yang lebih baik di FIBA Asia Cup meski gagal memenuhi syarat FIBA ke delapan besar,” pungkasnya.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2256 seconds [12]