Balap Lainnya | Detail

Anies Sebut Jakarta e-Prix 2022 Jadi Pesan Indonesia Siap Masuk Era Kendaraan Listrik

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 02 Juni 2022, 23:50 WIB
Anies Sebut Jakarta e-Prix 2022 Jadi Pesan Indonesia Siap Masuk Era Kendaraan Listrik
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjamu para pembalap Formula E 2022 (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

JAKARTA – DKI Jakarta menjadi tuan rumah seri kesembilan Formula E 2022. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun menyebut bahwa ajang bertajuk Jakarta e-Prix 2022 itu menjadi pesan bahwa Indonesia siap untuk masuk ke era kendaraan listrik.

Sebagaimana diketahui, Formula E merupakan kejuaraan balapan mobil yang berbeda dengan Formula 1. Jika jet darat F1 dipacu dengan tenaga hybrid, yang terdiri dari bahan bakar minyak dan listrik, maka mobil Formula E hanya menggunakan listrik saja sebagai sumber tenaga.

Pada tahun ini, Jakarta International E-Prix Circuit pun mendapat kesempatan untuk menggelar seri kesembilan Formula E 2022. Ini adalah kali pertama balap mobil listrik internasional dihelat di Tanah Air.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersam CEO Formula E, Alberto Longo (MPI/Qualiba Al Farabi)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersam CEO Formula E, Alberto Longo (MPI/Qualiba Al Farabi)

Anies pun menyebut bahwa Jakarta E Prix 2022 ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengajak masyarakat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Menurutnya, ini juga merupakan pesan kepada dunia bahwa Indonesia sudah siap untuk masuk ke era kendaraan tenaga listrik.

“Ajang ini adalah untuk Indonesia dan Jakarta. Mari sama-sama manfaatkan Formula E untuk membawa nama baik Indonesia di gelanggang dunia. Ini bisa mengirim pesan kepada semuanya bahwa Indonesia siap masuk ke era kendaraan listrik,” kata Anies dalam konferensi pers di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022). 

“Jakarta sudah ada 100 bis listrik insya Allah akhir 2030 bis sudah 100 persen menggunakan listrik. Ini adalah rangkaian transformasi Jakarta menuju lebih ramah lingkungan,” imbuhnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1361 seconds [12]