logo
F1 | Detail

ANALISIS – Pensiunnya Sebastian Vettel Picu Huru-hara Transfer Pembalap

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 03 Agustus 2022, 11:10 WIB
ANALISIS – Pensiunnya Sebastian Vettel Picu Huru-hara Transfer Pembalap
Sebastian Vettel mengendarai mobil lawas berusia 100 tahun milik Aston Martin di Sirkuit Paul Ricard (Foto: Instagram/@astonmartinf1)

PENSIUNNYA Sebastian Vettel langsung berdampak ke ajang balap F1. Yang paling terasa jelas dampak kepada bursa transfer pembalap. Sebab, kursi kosong di Aston Martin F1 Team itu bisa menggoyang susunan pembalap di tim lain untuk F1 2023. 

Seperti diketahui, Sebastian Vettel memutuskan pensiun pada akhir F1 2022. Juara dunia F1 empat kali itu memilih gantung helm dengan alasan keluarga. Pensiunnya pembalap asal Jerman itu memaksa Aston Martin mencari pengganti.

Tak kalah mengejutkan, Aston Martin langsung bergerak cepat mengamankan tanda tangan Fernando Alonso! Tidak ada yang menyangka pembalap berusia 41 tahun itu akan menyeberang dari Alpine F1 Team ke Aston Martin. 

Bahkan, Alonso kabarnya akan bertahan di Alpine paling tidak semusim lagi, lalu pensiun. Ternyata, juara dunia F1 dua kali itu memilih mengikat kontrak dengan Aston Martin selama dua musim. Itu berarti, Alonso akan terus balapan hingga F1 2024.

Fernando Alonso (Alpine F1 Team) mengacungkan jempol jelang tampil di F1 GP Austria 2022 (Foto: Reuters/Florion Goga)
Fernando Alonso direkrut Aston Martin untuk menggantikan Sebastian Vettel (Foto: Reuters/Florion Goga)

Durasi kontrak disinyalir menjadi pemicu Alonso mau bergabung dengan tim berkelir hijau itu. Pasalnya, Alpine hanya menawarkan kontrak setahun plus klausul bergabung otomatis dengan tim mereka di FIA WEC (balapan ketahanan). Sebab, tim asal Prancis itu ingin mempromosikan Oscar Piastri musim depan.

Alonso tentu gengsi dan tidak mau menjadi sekadar penghangat kursi untuk Piastri. Alpine jelas kelabakan. Rencana mereka jadi berantakan dan mau tidak mau langsung menunjuk Piastri sebagai pengganti. Celakanya, pembalap asal Australia itu justru menolak tawaran dari Alpine!

“Tanpa persetujuan saya, Alpine mengeluarkan pernyataan ke media kalau saya akan membalap untuk mereka musim depan. Ini salah dan saya belum menandatangani kontrak apapun dengan Alpine untuk 2023,” tulis Piastri di akun Twitter @OscarPiastri.

Tentu saja, pernyataan Piastri itu bagaikan petir di siang bolong untuk Alpine dan juga pencinta F1. Sebab, kabarnya juara dunia F2 2021 itu punya kesepakatan pra-kontrak dengan McLaren F1 Team! Di sisi lain, McLaren masih punya duet Lando Norris dan Daniel Ricciardo untuk tahun depan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1536 seconds [13]